Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh

manfaat yoga untuk kesehatan tubuh

Halo, YOTers! Kamu doyan olahraga? Tapi, di kondisi pandemi Covid-19 ini, tentu saja kita harus berhati-hati untuk berolahraga. Pastikan kita memilih olahraga yang tidak memerlukan banyak kontak fisik dengan orang lain. Yoga merupakan salah satu pilihan yang tepat apabila YOTers ingin olahraga yang tidak memerlukan banyak kontak fisik dengan orang lain, dan tentunya manfaatnya sangat banyak untuk tubuh. Apa aja sih manfaat yoga untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Manfaat Yoga untuk Tubuh

1. Menurunkan Stres

Hubungan antara pikiran, tubuh dan penekanan pada pernapasan saat melakukan gerakan yoga memberikan hasil manfaat emosional yang kuat. Banyak orang yang melakukan yoga mengatakan tidur mereka lebih tenang karena tingkat stresnya berkurang.

Selain itu, Dr. Chris Streeter, profesor psikiatri dari Boston University School of Medicine mengatakan bahwa Yoga memang menurunkan stres karena gerakan-gerakan yoga ternyata bisa memperbaiki ketidakseimbangan sistem saraf.

Nah, YOTers, kamu sedang banyak pikiran sampai tidur kamu terganggu? Mungkin kamu dapat mencoba yoga di rumah!

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat yoga yang berikutnya adalah untuk memperbaiki postur tubuh. Karena gerakan yoga sebagian besarnya melibatkan kekuatan otot, dengan rutin berlatih tentu saja postur tubuh akan menjadi lebih baik. Nah, YOTers, selain itu dengan rutin berlatih yoga, kamu yang memiliki kebiasaan duduk dengan postur yang membungkuk akan secara otomatis atau mungkin secara tidak sadar akan memperbaiki postur duduk kamu yang sebelumnya membungkuk menjadi lurus.

3. Menurunkan Berat Badan

“Emang yoga dapat menurungkan berat badan ya? Kan gerakannya gitu-gitu doang, kayaknya kalo cuma gitu doang keringetan juga ngga deh.” Nah, untuk YOTers yang memiliki pertanyaan yang sama, berarti YOTers belum tau kalau yoga itu memiliki banyak gerakan yang bisa kamu praktikan untuk berbagai macam kepentingan, untuk menurunkan berat badan contohnya. Yoga memiliki posisi yang tentu saja dapat membantu kamu mengurangi berat badan seperti:

  • Sun Salutation
  • Posisi Boat
  • Plank
  • Four-limbed Staff Pose
  • Seated Forward Bend
  • Upward-facing Dog
  • Warrior II

Nah, gimana YOTers, tertarik untuk mencoba dan merasakan manfaat yoga? Yuk dicoba sekarang, YOTers!

Ingin membaca lebih bacaan seputar kesehatan? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

Selain artikel, akan ada konten seru dan inspiratif lainnya dalam bentuk podcast serta video! Tunggu apa lagi YOTers? Yuk, bergabung! premium member Young On Top di sini!

Yuk, baca artikel lainnya seputar kesehatan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *