3 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar!

3 jurusan yang sepi peminat tapi peluang kerja besar

Halo, YOTers! Kamu lagi duduk di bangku SMA dan lagi galau mencari jurusan kuliah yang tepat untuk kamu? Well, selain memilih jurusan yang kamu sukai atau sesuai dengan skill kamu, ternyata memilih jurusan dengan peluang kerja yang besar setelah lulus itu juga penting loh. “Bukannya jurusan dengan peluang kerja yang besar peminatnya banyak? Makin susah dong masuknya!” Heits, jangan salah YOTers! Ada banyak loh jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar!

Penasaran sama jurusannya? Yuk, simak aja langsung penjelasnnya di bawah ini, YOTers!

Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

1. Astronomi

Mengambil jurusan Astronomi bukan berarti kamu mempelajari ramalan bintang loh ya, YOTers. Kamu akan mendapatkan pelajaran mengenai planet, bintang, nebula, gugus bintang, komet, galaksi, bahkan fenomena yang terdapat di luar bumi. Cukup menarik bukan pembahasannya? Lalu, kenapa ya bisa sepi peminat? Untuk alasan pastinya, belum ada yang mengetahui, namun banyak orang beropini bahwa jurusan Astronomi dianggap terlalu sulit, juga banyak yang belum mengetahui prospek kerja setelah lulus nanti.

Padahal, lulusan Astronomi memiliki prospek pekerjaan yang sangat besar loh, kamu bisa menjadi astronom, dosen, bekerja di bidang pemerintahan. Tempat-Tempat seperti LAPAN, BMKG, LIPI, dan pusat penelitian lainnya sangat butuh seorang dari lulusan astronomi. Atau, mungkin juka saat pendidikan YOTers sangat berprestasi, gak menutup kemungkinan juga YOTers dapat berkarir di NASA!

2. Ilmu Kehutanan

Kamu suka banget sama alam? Mungkin ilmu kehutanan cocok untuk kamu! Apa aja sih yang akan dipelajari di jurusan ini? Kamu akan mempelajari macam-macam ilmu seperti mata kuliah tentang ilmu budidaya hutan, manajemen hutan, konservasi hutan, dan teknologi hasil hutan.

Lalu, bagaimana dengan prospek kerjanya? Apakah menjanjikan?

Huis! Jangan salah, YOTers! Prosepek kerja di jurusan ilmu kehutanan sangat menjanjikan loh! Peneliti,  perusahaan perkebunan, pegawai BUMN, pekerjaan di lembaga birokrat seperti Dinas Kehutanan, Balai Pengelolaan, bahkan sampai diKementerian. Selain itu, saat ini semakin banyak perusahaan-perusahaan yang ingin membuka lahan memerlukan keahlian dari lulusan kehutanan untuk membuat sistem agar tidak terjadi kerugian lingkungan pada saat pembukaan lahan. Selain itu, seorang lulusan ilmu kehutanan juga dapat berkarir di badan konservasi ternama seperti WWF, Wildlife Conservation Society, Conservation International, dan sebagainya.

3. Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan lain yang sedikit peminat namun memiliki peluang kerja yang sangat besar. Ya, Teknik Keselamatan dan Kesehatan kerja sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar. Saat ini, semua institusi dan industri harus wajib memperhatikan K3 di lingkungan mereka, oleh karena itu seorang dari lulusan Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja sangat dibutuhkan.

Apa aja sih yang akan kamu pelajari dalam jurusan ini? Kamu akan belajar tentang dasar kesehatan dan keselamatan yang dibutuhkan di berbagai tempat, mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, instansi, hingga perusahaan besar.

Nah, itu dia YOTers 3 dari sekian banyak jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar yang apakah kamu tertarik? Selamat mencoba ya, YOTers!

Untuk lebih banyak bacaan seputar karir ataupun pendidikan, yuk kunjungi blog Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *