Fungsi Hashtag di Instagram

fungsi hastag di instagram
1. Pengertian Hashtag
2. Tujuan dan Fungsi Hashtag
3. Tips Memilih Hashtag di Instagram

Halo, YOTers! Media sosial atau jejaring sosial merupakan sebuah media yang digunakan orang dari berbagai kalangan dan dari berbagai belahan dunia. Pengguna aktif jejaring sosial sangat banyak jumlahnya. Bahkan jumlah postingan atau komen yang masuk setiap jamnya bisa berjumlah jutaan. Sehingga media ini menjadi sebuah wadah yang potensial untuk menampilkan produk dan brand.

Instagram sebagai jejaring sosial menjadi sebuah media pemasaran yang sangat diminati akhir-akhir ini. Selain cara pemasaran yang disediakan oleh Instagram melalui fitur promosi, memasarkan produk atau brand di Instagram juga bisa dilakukan sendiri dengan biaya yang murah bahkan gratis. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur ‘Hashtag’ pada Instagram.

Pengertian Hashtag

Hashtag disebut juga tagar merupakan sebuah tanda pagar (#) yang diletakkan sebelum kata tertentu. Tanda ini digunakan untuk menandai suatu topik tertentu yang dianggap penting, sehingga memudahkan para pengguna jejaring sosial untuk mencari topik tersebut.

Hashtag tertentu bisa populer (mnejadi trending) jika dibicarakan atau dibuat berkali-kali.

Fitur hashtag diperkenalkan pertama kali pada media sosial Twitter, tetapi sekarang semua media sosial sudah menggunakan fitur ini. Fitur ini bisa menampilkan tren tertentu, atau topik yang sedang hangat di masyarakat.

Bagi pemasar yang ingin melakukan pemasaran di media sosial harus bisa membaca tren dan membuat hashtag yang kemungkinan besar akan dicari banyak orang. Sehingga produk dan brand-nya bisa dikenali.

Tujuan dan Fungsi Hashtag

Fungsi diciptakannya fitur hashtag pada Instagram adalah sebagai berikut :

  • Mengkategorikan Sebuah Topik

Jika 1 orang dengan orang lain membicarakan suatu topik yang sama, dengan ditambahkan hashtag maka pembicaraan tersebut akan dikelompokkan.

  • Mempermudah Pencarian Topik

Pembicaraan yang telah dikelompokkan tersebut mempermudah bagi orang yang lainnya mencari informasi terkait topik tersebut. Cukup dengan mengetikkan Hashtag pada kolom pencarian, maka semua pembicaraan yang ditandai dengan hashtag tersebut akan muncul.

  • Memperluas Jangkauan Topik

Hashtag bisa digunakan untuk mempopulerkan topik tertentu, demi mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan pemberian hashtag yang sama oleh banyak orang maka pembicaraan terkait topik tersebut akan populer di media sosial dan mendapatkan perhatian lebih luas.

Tips Memilih Hashtag di Instagram

Mempersiapkan hashtag di Instagram agar bisa populer ada beberapa trik yang bisa diikuti, yaitu:

  • Cari Tahu Hashtag yang Sedang Populer

Agar konten yang di-upload di Instagram bisa dilihat banyak orang, cantumkan hashtag yang memang sedang populer. Cara mencari tahu hashtag yang sedang populer bisa dengan bantuan website dan aplikasi.

Ada beberapa website yang menyediakan informasi hashtag yang tengah populer, diantaranya websta.me, tagsforlike.com, dan hashtagify.me. Selain itu bisa juga melalui aplikasi android, misalnya Hastagger atau Twitonomy.

Dari hasil yang ditampilkan website-website dan aplikasi tersebut, pilihlah hashtag yang kira-kira sedang populer di kalangan yang merupakan target konsumen YOTers.

  • Kenali Platform yang Digunakan

Dalam 1 konten lebih baik dicantumkan lebih dari satu hashtag. Di Instagram sendiri, bisa menampung sampai 30 hashtag. Tetapi lebih bijaksana jika hashtag yang ditampilkan tidak terlalu banyak. Bayangkan bila dalam 1 konten terdapat 30 hashtag, hal ini akan menimbulkan kesan berantakan dan tidak rapi.

  • Hashtag yang Mudah Diingat

Seperti kalimat iklan pada umumnya, hashtag yang baik adalah hashtag yang mudah diingat, relevan dengan konten yang di-upload, dan spesifik. Ini akan memudahkan pembaca untuk mencari konten YOTers dikemudian hari.

Nah, gimana YOTers? Itu dia beberapa fungsi hashtag pada Instagram!

Ingin membaca lebih bacaan trivia? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *