Pentingnya Riset Keyword dalam Proses Optimasi SEO

pentingnya-riset-keyword-dalam-proses-optimasi-seo
1. Pengertian Keyword

2. Jenis-Jenis Keyword
2.1. Keyword Berdasakan Audience
2.2. Keyword Berdasarkan Jumlah Kata
2.3. Riset Keyword Berdasarkan Waktu

3. Pentingnya Riset Keyword dalam Proses Optimasi SEO
3.1. Membuat Mesin Pencarian Menjadi Terindex
3.2. Informasi yang Diberikan Mesin Pencari Menjadi Relevan
3.3.Keyword Menjadi Sumber Traffic Organic

Halo, YOTers! Saat ini banyak usaha kecil atau bahkan perusahaan besar sedang gencar-gencarnya melakukan praktik digital marketing. Tidak heran, banyak sekali perusahaan membuka lowongan untuk mereka yang memiliki atau kemampuan digital marketing. Nah, jika berbicara mengenai digital marketing, rasanya akan kurang jika tidak membahas optimasi SEO dan di dalam sebuah website.

Search Engine Optimization atau yang biasa dikenal dengan sebutan SEO merupakan suatu tindakan atau strategi optimasi SEO agar website dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian, entah itu Google, Bing, Yahoo, atau jenis mesin pencari lainnya.

Untuk mewujudkan semua itu, YOTers harus memahami pentingnya keyword dalam proses optimasi SEO. Bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan tentang pengertian keyword, dan pentingnya keyword dalam proses optimasi SEO berikut ini.

Apa Itu Keyword?

Keyword adalah sebuah kata yang selalu digunakan pengguna untuk mencari suatu pembahasan di Google atau mesin pencari lain. Nyatanya, keyword ini bukan sekadar kata-kata biasa, namun sebagai sumber traffic untuk sebuah website.

Penerapan keyword yang benar dapat meningkatkan traffic untuk sebuah website sehingga pengunjung website meningkat dan juga dapat meningkatkan penjualan Anda.

Jenis-Jenis Keyword

Apa aja sih jenis-jenis keyword? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Keyword Berdasarkan Audience

Untuk keyword yang ada dalam jenis ini adalah:

  • Keyword umum adalah jenis kata kunci yang memiliki jangkauan luas dan memberikan informasi yang bersifat umum untuk semua golongan.
  • Keyword khusus adalah jenis kata kunci yang memiliki jangkauan tertentu dan memberikan informasi khusus hanya untuk orang tertentu saja.

2. Keyword Berdasarkan Jumlah Kata

Keyword berdasarkan jumlah kata dapat dibedakan menjadi 2 jenis, sebagai berikut.

  • Short tail keywords adalah keyword utama yang selalu digunakan dan biasanya terdiri dari beberapa kata saja.
  • Long tail keywords adalah kata kunci panjang yang memiliki rangkaian kata. Pada umumnya, long tail keywords ini terdiri atas 2 kata lebih hingga 5 kata atau lebih.

3.  Riset Keyword Berdasarkan Waktu

Riset keyword berdasarkan waktu ini merupakan kata kunci yang volume pencariannya hanya untuk waktu-waktu tertentu saja. Adapun keyword berdasarkan waktu ada 2 jenis adalah sebagai berikut.

  • Keyword musiman merupakan kata kunci yang diatur secara musiman. Artinya kata kunci ini dapat memberikan dampak positif untuk meningkatkan traffic website pada waktu tertentu saja saat informasi yang diberikan sedang trending.
  • Keyword abadi merupakan kata kunci yang tidak termakan waktu dan tidak terpengaruh terhadap perubahan. Artinya kapan pun itu kata kunci ini dapat digunakan menarik minat pengunjung situs website.

Pentingnya Riset Keyword dalam Proses Optimasi SEO

Search Engine Optimization atau SEO merupakan teknik atau tindakan yang bertujuan mengoptimalkan website dalam usaha mendapatkan peringkat pertama di mesin pencarian internet. Oleh karena itu cara kerja SEO dengan cara melakukan riset keyword.

Jadi, bisa dikatakan keyword dan SEO adalah 2 elemen website yang tidak dapat dipisahkan. Adapun pentingnya riset keyword dalam proses optimasi SEO adalah sebagai berikut.

1. Membuat Mesin Pencarian Menjadi Terindex

Pastinya Anda pernah mencari informasi di mesin pencari Google dengan mengetikkan kata, mesin pencari akan menampilkan informasi yang Anda butuhkan dari peringkat website yang sering dikunjungi hingga tidak.

Nah, di situlah keyword bekerja sehingga membuat mesin pencarian menjadi terindex. Oleh karena itu, keyword dinilai sangat penting untuk optimasi SEO. Selain itu, ketepatan dalam mencari keyword dapat dijadikan ukuran website yang Anda bangun sukses atau tidak.

2. Informasi yang Diberikan Mesin Pencari Menjadi Relevan

Keyword memang tidak dapat dipisahkan dengan SEO. Hal tersebut karena dengan adanya keyword atau kata kunci di artikel atau konten pada website sangat disukai oleh algoritma mesin pencari Google sehingga mesin pencari lebih mudah menemukan informasi relevan yang dicari oleh user.

Oleh karena itu, setiap artikel atau konten yang ditulis alangkah baiknya fokus terhadap keyword karena adanya keyword dapat memudahkan peringkat website yang Anda bangun berada di page rank tertinggi mesin pencari.

3. Keyword Menjadi Sumber Traffic Organic

Keyword dianggap menjadi sumber traffic organic. Hal tersebut karena pada saat user mengetikkan kata kunci di mesin pencari maka automatis mesin pencari akan menampilkan informasi yang relevan.

Nah, jika keyword yang Anda gunakan pada artikel atau konten sesuai, akibatnya traffic website Anda akan tepat sasaran dan meningkat. Artinya keyword yang relevan dan tepat dapat menjadi sumber traffic organic yang memberikan banyak keuntungan untuk bisnis Anda.

Itulah pentingnya keyword dalam proses optimasi SEO bagi Anda yang ingin memulai bisnis baru secara online dan memanfaatkan website. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *