Ini dia Penyebab Sakit Kepala yang Sering Terjadi!

ini dia penyebab sakit kepala yang sering terjadi

Halo, YOTers! Pernah gak sih tiba-tiba ngerasain sakit kepala saat lagi di kerja atau mungkin saat lagi belajar? Ih, pasti rasanya gak enak banget kan? Nah, sakit kepala tiba-tiba ini bisa dicegah loh, YOTers, gimana caranya? Tentunya caranya setelah kita mengetahui apa saja penyebab sakit kepala.

Apa aja sih penyebab sakit kepala? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Penyebab Sakit Kepala

1. Pola Tidur Berantakan

Tahukah kamu bahwa pola tidur yang berantakan dapat menyebabkan sakit kepala. Seperti contohnya ketika kamu kurang tidur, hati-hati terkena migrain yang pastinya akan mengganggu aktivitas kamu seharian.

Kelamaan tidur juga dapat membuat sakit kepala loh, karena kelamaan tidur dapat memberikan pengaruh pada kinerja senyawa kimia di otak seperti serotonin, nah ketika zat tersebut terganggu saraf di otak akan bermasalah sehingga munculah sakit kepala.

2. Pola Makan yang Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur juga dapat menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Kalau kamu melewatkan makan, atau mungkin mulai melakukan diet yang ketat secara tiba-tiba bisa menyebabkan kadar gula darah menurun yang menyebabkan sakit kepala.

3. Terlalu Sering Mengonsumsi Alkohol

Bahan utama Alkohol, yaitu Etanol yang merupakan diuretik alami yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan garam, vitamin, dan mineral penting yang menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi, selain itu juga zat kimia di otak tidak seimbang sehingga menyebabkan sakit kepala.

4. Terlalu Lama Terpapar Matahari

Pasti sebagian dari kita pernah kelamaan di bawah terik matahari sampai menjadi pusing. Nah, hal itu disebabkan oleh pantulan cahaya terang ke mata yang dapat merangsang kerja talamus, bagian otak yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke tubuh kamu untuk menyebabkan rasa sakit.

5. Keseringan Menatap Layar HP/Laptop/Televisi

Nah, kalau yang satu ini pasti sering banget YOTers lakuin, keseringan menatap layar hp atau laptop atau mungkin televisi. Kok bisa sih? Kelamaan menatap layar gadget dapat menyebabkan tubuh kelelahan dan tegang, termasuk mata yang lelah. Nah, hal-hal tersebut merupakan faktor terjadinya sakit kepala.

Itu dia YOTers 5 dari sekian banyak penyebab sakit kepala yang sering kita alami. Yuk, kurangi kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan sakit kepala supaya kita lebih produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *