6 Minuman yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Memang benar bahwa manusia dapat hidup lebih lama tanpa makanan dari pada tanpa minuman. Dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari juga sering untuk dianjurkan minum air yang banyak karena kita tahu sendiri dampak ketika kita kekurangan air, salah satunya yaitu dehidrasi. Nah untuk menghindari dampak tersebut kita dianjurkan untuk minum air yang cukup. Minuman mengandung air yang dibutuhkan tubuh agar semua organ berfungsi dengan baik. 

Namun Anda pun harus selektif dalam memilih minuman karena kandungan di dalamnya ada yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Banyak minuman yang bila dikonsumsi terus-menerus dapat memicu penyakit serius. Bahkan beberapa di antara minuman tersebut sering kali dianggap baik untuk tubuh. Padahal nyatanya tidak demikian. Berikut daftar minuman yang bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Dilansir dari kontan.co.id terdapat beberapa minuman yang berbahaya bagi kesehatan, yaitu

1. Minuman Energi

Terkadang, ketika kita merasa lesu, beberapa dari kita memilih minum minuman berenergi agar kembali bersemangat. Akan tetapi, minuman berenergi mengandung kafein yang tinggi. Kandungan kafein di dalamnya dapat membuat hormon adrenal kita bereaksi sehingga kita menjadi bersemangat. Dalam jangka panjang, kafein dalam jumlah tinggi malah dapat membuat kelelahan semakin parah. Selain itu, kafein juga berdampak negatif pada kualitas tidur. Dampak lainnya, kafein menghambat produksi kolagen di kulit sehingga menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan lebih banyak keriput.

2. Teh Manis

Jenis teh tertentu bisa menjadi sumber antioksidan yang menyehatkan. Namun, menambahkan gula membuat teh memiliki efek yang bisa mengganggu kesehatan. Teh manis dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah tidur.

Gula dalam teh manis juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan resiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Selain itu, satu artikel tahun 2015 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menemukan, minum teh dalam jumlah besar dapat menyebabkan gagal ginjal. Ini karena konsumsi oksalat yang berlebihan. Oksalat adalah asam organik yang terdapat pada teh.

3. Soft Drinks

Soft drinks atau minuman ringan penuh dengan kandungan gula dan hampir tidak ada kandungan nutrisi di dalamnya. Minuman ini dapat meningkatkan risiko obesitas dalam tubuh kita jika kita mengkonsumsinya secara terus-menerus.

Saat ini ada begitu banyak minuman dengan jenis seperti di atas yang beredar di pasaran. Oleh karena itu kita harus bijak dalam memilih minuman yang tidak berpotensi membahayakan kesehatan kita.

4. Minuman Berprotein

Sehabis berolahraga, ada orang yang senang minum protein shake atau minuman berprotein. Tapi ternyata, hal itu malah bisa lebih berbahaya bagi tubuh. Protein shake yang umumnya dikonsumsi untuk diet atau sesudah berolahraga lebih berbahaya dari yang dikira. Sebenarnya, kita sudah mendapat cukup protein dari makanan yang dikonsumsi.

Celine Beitchman, MS, direktur nutrisi di Institute of Culinary Education menjelaskan, kebanyakan orang sudah mendapatkan banyak protein dari makanannya. Minum protein shake dapat menyebabkan seseorang mengonsumsi protein secara berlebihan setiap hari.

Hal itu membuat ginjal bekerja terlalu keras. Tak hanya itu, konsumsi protein berlebihan juga dapat menyebabkan penyimpanan lemak berlebih. Akibatnya terjadi penambahan berat badan.

5. Jus buah / Minuman perasa

Banyak orang salah mengartikan jus buah sebagai minuman sehat. Padahal jus buah malah bisa mendatangkan masalah kesehatan bila ditambah pemanis. Umumnya jus buah tinggi kalori dan gula.

Selain itu, bentuknya yang cair membuat jus buah melewati sebagian besar proses pencernaan. Gula dalam jus buah akan diserap langsung ke aliran darah. Akibatnya terjadi lonjakan gula darah yang pada gilirannya dapat menyebabkan resistensi insulin. Jadi pilihlah minuman Jus buah yang dibuat benar benar asli dengan buah dan tanpa gula!

6. Minuman Beralkohol

Sekitar 1-2 gelas minuman beralkohol terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, meningkatkan aliran darah, dan juga meningkatkan metabolisme gula di dalam tubuh. Namun manfaat ini akan berhenti apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat meningkat resiko obesitas dan gangguan kesehatan lainnya.

Jadi buat teman-teman semua, pilihlah minuman yang benar-benar berkhasiat dengan tubuh kita, minum dengan teratur dan jangan berlebihan, stay safe semua, see you on top!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *