Mau Jago Nulis? Ini Tipsnya!

Mau Jago Nulis? Ini Tipsnya!

Hai YOTers! Ada gak dari kamu yang pengen nulis tapi masih ragu-ragu dan takut? Atau udah ada yang berani nulis dan pengen mengasah keterampilan menulis biar bisa lebih jago lagi? Gampang! Kamu bisa kok jadi jago nulis dengan mengikuti tips di bawah ini!

  1. Perbanyak Referensi

Pertama adalah kamu harus perbanyak referensi, salah satunya adalah baca buku. Supaya kamu punya acuan dalam menulis dan juga memperkaya kosakata kamu. Perbanyak referensi juga akan membantu kamu dalam menemukan inspirasi lho YOTers.

  1. Pilih Topik yang Kamu Suka

Nulis yang paling mudah itu dimulai dari topik yang kita suka. Kamu suka musik? Coba deh mulai nulis artikel seputar musik, seperti profil musisi, review album atau review konser musik. Suka makan? Kamu bisa nulis seputar review makanan, review restoran dan sebagainya.

  1. Mind Mapping

Ketiga adalah kamu bisa mind mapping, karena dari sini kamu bisa menentukan kerangka tulisanmu. Sub topik apa saja yang bisa kamu bahas dari topik utama yang akan kamu tulis. Mind mapping ini juga berfungsi untuk menciptakan ide kreatif, jadi biar kamu gak nemuin kebuntuan pas nulis nantinya.

  1. Buat Kerangka Tulisan

Setelah mind mapping, kamu bisa langsung menuliskan kerangka tulisan, yang berisi perencanaan berupa apa saja yang ingin kamu tulis. Berbeda dengan mind mapping, kerangka tulisan ini sudah lebih rapi dan terstruktur. Contoh, kamu mau nulis seputar profil seseorang. Kamu susun kerangka tulisannya, di paragraf pertama seputar kehidupan masa kecilnya, paragraf kedua seputar perjalanan pendidikannya, paragraf ketiga seputar pencapaian atau prestasinya.

  1. Tulis Tanpa Edit

Tips untuk kamu yang baru banget mulai nulis, cobalah untuk menulis terlebih dahulu tanpa mengeditnya. Supaya kamu gak stuck dan terus memikirkan kesalahan dari tulisanmu yang nantinya akan menghambat penyelesaian tulisan kamu. Setelah tulisannya selesai, baru deh kamu edit tulisanmu. Cek tanda baca, typo sampai diksi nya.

  1. Rutin Nulis

Terakhir, kalo mau jago nulis ya harus dibiasakan perbanyak menulis. Supaya kamu juga semakin terlatih. Jadwalkan deh misalnya seminggu harus menghasilkan satu tulisan. Oh iya, jangan lupa juga buat minta pendapat orang terdekat tentang tulisanmu ya, supaya kamu bisa tahu mana yang harus diubah atau diperbaiki sehingga kualitas tulisanmu juga semakin terus membaik lagi!

Nah itu dia tips nya YOTers. Dimulai dari topik yang ringan dulu aja dan gak usah terlalu panjang. Jangan membebani pikiran kamu kalo nulis harus gini atau harus gitu. Nanti yang ada gak akan mulai-mulai nulisnya. Semangat YOTers!

6+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *