Istilah-Istilah dalam Digital Marketing

istilah istilah dalam digital marketing

Digital Marketing secara sederhana diartikan sebagai aktivitas pemasaran atau promosi melalui media digital atau elektronik. Di Indonesia perkembangan dan persebaran media digital sangat pesat, sehingga model pemasaran melalui media digital ini menjadi favorit.

Salah satu kelebihan digital marketing yang disukai banyak pebisnis adalah sifatnya yang terukur. Melalui pemasaran pada media digital, bisa dihitung berapa banyak orang yang melihat iklan, seberapa luas persebarannya dan bagaimana pengaruhnya terhadap penjualan.

Dari data-data yang terkumpul bisa dianalisis dan dievaluasi, sehingga strategi pemasaran berikutnya bisa lebih efektif.

Istilah dalam Digital Marketing

Sebagai media yang masih bisa dikatakan baru, ada banyak istilah yang dipakai khusus di bidang ini. Sebelum menjajal digital marketing, ada baiknya memahami istilah-istilah yang ada di dunia digital marketing. Berikut beberapa istilah yang sering muncul dan pengertiannya:

  1. Website

Merupakan sebuah halaman yang berada pada satu alamat tertentu. Alamat ini bersifat unik dan setiap website memiliki alamat yang berbeda, tidak bisa sama.

  1. Online Presence

Ketersedian informasi terkait produk atau brand secara online. Informasi ini dapat dihadirkan pada website dan media sosial sehingga mudah ditemukan melalui Search Engine (mesin pencari), misalnya Google.

  1. Search Engine Optimizer (SEO)

Setiap orang yang mencari informasi melalui internet pasti memulainya dari Google sebagai mesin pencari. Sehingga sebagai pemasar, anda harus memastikan bahwa website anda mudah ditemukan melalui situs pencari seperti Google.

  1. Lead Generation

Diartikan sebagai sebuah proses utuk membuat orang-orang mengetahui produk dan brand anda, dan berusaha membuat mereka menjadi calon konsumen.

  1. Call To Action (CTA)

Petunjuk atau perintah yang berupa text atau gambar yang membuat calon konsumen melakukan sebuah aksi. Tetapi tidak terbatas pada aktivitas pembelian, tetapi juga berupa ajakan mendaftar member atau subscribe.

  1. Landing Page

Adalah sebuah halaman pertama yang dikunjungi oleh pengunjung untuk mengenal dan melakukan pembelian pada produk.

  1. Conversion

Secara sederhana diartikan sebagai sebuah keadaan dimana individu yang melihat iklan anda melakukan hal yang anda inginkan, atau sesuai dengan tujuan iklan. Misalnya membeli produk, atau sekedar mendaftarkan diri sebagai member.

  1. Conversion Rate Optimization (CRO)

CRO ini adalah persentase pengunjung website atau landing page yang membuat keputusan untuk membeli produk.

  1. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah proses dimana konsumen tidak hanya melakukan pembelian, tetapi juga mempromosikan produk atau brand anda kepada orang lain. Sebagai imbalannya jika dia berhasil membuat orang lain membeli produk atau brand anda, dia akan mendapatkan komisi.

  1. Remarketing

Bagi orang yang pernah mengunjungi website anda, dia akan sering melihat iklan-iklan digital anda di website manapun yang dia kunjungi.

  1. Consumer Acquisition Cost (CAC)

Didefinisikan sebagai biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan konsumen.

  1. Web Hosting

Sebuah layanan yang menyediakan persewaan ruang digital untuk menyimpan data webiste, agar sebuah website bisa diakses secara online.

  1. BACKLINKS

Merupakan sebuah link atau tautan yang tidak tampak, tetapi dapat membawa pengunjung ke website tertentu.

  1. Pay Per Click (PPC) dan Cost Per Click (CPC)

Kedua konsep istilah ini hampir sama dimana setiap klik yang dilakukan pengunjung website, sang pemilik website akan mendapatkan penghasilan. Perbedaanya jika PPC yang klik yang dihitung adalah klik pada banner iklan, sedangkan CPC yang dihitung adalah jumlah pengunjung ke website yang bersangkutan.

Sebenarnya istilah dalam dunia digital marketing masih banyak lagi yang lainnya, tetapi beberapa kata di atas adalah istilah-istilah yang sering muncul dan sering digunakan untuk perencanaan pemasaran dalam dunia digital. Dalam merencanakan strategi dan taktik digital marketing, anda harus memahami istilah-istilah di atas, karena istilah di atas juga berfungsi sebagai petunjuk atau alat bantu merumuskan strategi dan taktik pemasaran digital.

Ingin membaca lebih banyak artikel inspiratif? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi dari pembicara dan tokoh yang berpengalaman dalam bentuk podcast, video, atau artikel? Yuk, bergabung di premium member Young On Top di sini!

Young On Top National Conference (YOTNC) hadir kembali!

Apa sih YOTNC itu?

all speakers yotnc

Young On Top National Conference (YOTNC) adalah event akbar tahunan YOT yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2011 dengan menghadirkan speakers yang berpengalaman dan inspiratif di bidangnya masing-masing.

Setiap penyelenggaraan YOTNC dihadiri oleh sekitar 3.000 audience. Tahun ini, YOTNC mengambil tema #AnakMudaBeraniMaju. YOTNC 2021 diselenggarakan secara offline to online, dimana seluruh pengisi acara berada di satu venue, sementara peserta menonton dari rumah masing-masing.

Tunggu apa lagi? Segera daftar dan dapatkan insight menarik dari berbagai pembicara yang inspiratif!

Yuk, DAFTAR SEKARANG

Lebih banyak Artikel Karir untuk Kamu:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *