PMM UMM GELOMBANG 9 KELOMPOK 57 IKUT SERTA DALAM KEGIATAN POSYANDU DI DUSUN KUNCI, DESA KALISONGO, DAU, MALANG

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang mengikuti kegiatan posyandu di Dusun Kunci yang di laksanakan pada hari Minggu, tanggal 17 Juni 2021 kemarin yang di lakukan setiap dua minggu sekali.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian  terhadap pertumbuhan dan perkembangan kesehatan masyarakat sekitar mulai dari balita hingga lansia. Dalam kegiatan ini terbagi menjadi lima bagian yaitu: posyandu balita, bina keluarga balita (BKB), bina keluarga remaja (BKR), bina Keluarga lansia (BKL), dan posyandu lansia.

Kegiatan posyandu ini bertujuan agar warga merasa diperdulikan pertumbuhan dan perkembangan kesehatannya, selain itu juga merekatkan satu sama lain. Akan tetapi, posyandu juga memiliki tujuan umum yaitu menunjang percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka kematian Bayi di Indonesia melalui upaya pemberdayaan masyarakat.

Posyandu sudah dikenal semenjak lama menjadi sentra pelayanan kesehatan dasar bagi bunda hamil, orang tua dan balita. Selain itu, posyandu dituntut untuk bisa menyediakan data kesehatan secara lengkap sehingga menjadi pusat aktivitas kesehatan masyarakat. Keberadaan posyandu sudah sebagai hal yang penting di tengah rakyat, selain berfungsi sebagai wadah pemberdayaan rakyat juga mendekatkan pelayanan dasar bidang kesehatan terutama berkaitan pengurangan kematian ibu, bayi, dan angka kematian balita.

Meskipun di masa pandemi pelaksanaan kegiatan posyandu oleh kelompok 57 PMM UMM ini tetap mematuhi protokol kesehatan dan juga melakukan penyuluhan penggunaan masker dengan baik sekaligus pemberian masker bagi yang tidak memakai masker. Dalam mengikuti kegiatan posyandu dusun kunci ini diharapkan dapat mempermudah kelancaran kegiatan tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *