Sering Melihat Iklan di Google? Ini dia Cara Kerja Google Adsense

sering melihat iklan di google in dia cara kerja google adsense

Nama Google memang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat dunia. Banyak fiturnya yang bahkan selalu menempel dengan kebutuhan dan aktifitas sehari-hari, mulai dari Google Maps, Search Engine, Google Drive, hingga Google Docs. Bukan hanya itu, Google juga sudah melebarkan layanannya agar bisa digunakan bagi penggiat bisnis, melalui layanan Google Ads, gimana sih cara kerja Google Adsense?

Google Adsense bisa dimanfaatkan sebagai ladang basah untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Pada artikel ini akan dibahas tuntas mengenai pengertian beserta cara kerja Google Adsense!

Masih pemula dalam perihal Google Adsesnse? Jangan khawatir! Berikut ini merupakan beberapa hal penting yang harus kamu tahu.

Apa itu Google Adsense?

Fitur ini merupakan tool advertising milik Google yang berbasis pembayaran per klik atau biasanya disebut sebagai cost per click dan juga per view. Hal ini memungkinkan si pemasang iklan untuk mendapatkan keuntungan dari tiap klik yang dilakukan oleh user di iklan yang telah ia pasang dan juga jumlah iklan yang ditayangkan.

User biasanya diidentifikasi oleh Google melalui riwayat dan cache browser yang mereka miliki, untuk kemudian digiring ke klasifikasi iklan yang sesuai dengan kebiasaan berinternet mereka. Banyak yang mengatakan bahwa meletakkan iklan melalui fitur ini sama seperti menyelam sembari minum air, yaitu pemilik iklan bisa mendapatkan keuntungan berupa penghasilan, sambil melakukan promosi terhadap produk ataupun jasa yang terkait.

Bagaimana Cara Kerja Google Adsense?

Google adsense sebenarnya memiliki cara kerja yang sederhana. Ibaratkan kamu memiliki sebuah blog atau situs, yang ingin dijadikan sebagai lahan untuk mendapatkan pundi-pundi melalui Google Adsense. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan situs tersebut ke pihak Google.

Setelahnya Google akan melakukan peninjauan terhadap situs, untuk melihat kelayakan pemasangan Adsense di dalamnya. Jika ternyata peninjauan tersebut berhasil, maka selanjutnya kamu akan menerima akun baru dari Google Adsense. Langkah selanjutnya, kamu perlu memberikan ruang bagi Adsense tersebut di situs.

Biasanya ruang iklan ini berada pada bagain header, lalu footer, pada bagian artikel atau bisa juga di bagian sidebar. Setelah itu letakkan kode Adsense pada bagian-bagian tersebut, yang nantinya akan muncul pada pengguna dengan preferensi konten serupa.

Setelah berhasil memiliki akun Google adsense dan telah menyediakan ruang pemasangan iklannya, maka kamu akan mulai didatangi oleh berbagai penyedia iklan yang menawar spot di situs kamu. Biasanya pemilihan akan didasari dari seberapa mahal penawaran iklan yang bersedia untuk dibayarkan.

Jika sudah seperti ini maka situsmu sudah bisa debut dengan akun Google Asense. Setiap user yang berkunjung ke dalamnya dan mengklik iklan-iklan yang ada seara otomatis akan masuk dalam hitungan pendapatan kamu, dan akan dibayarkan kalkulasinya oleh Google setiap bulannya.

Karena itulah, PR selanjutnya adalah memastikan bahwa situs kamu bisa menarik sebanyak mungkin user, untuk meningkatkan jumlah klik yang ada di tiap iklan. Jumlah pengunjung situs juga sangat berpengaruh terhadap penawaran pemasangan iklan yang ada.

Setelah mengetahui cara kerja Google Adsesne tadi, singkatnya seperti berikut; ketika kamu masuk ke dalam sebuah situs, lalu di sana muncul berbagai papan iklan berupa teks, video, ataupun gambar, maka sudah bisa dilihat bahwa situs tersebut sudah memiliki Adsense. Jika kamu melakukan klik terhadap salah satu iklan tersebut, maka sudah masuk dalam hitungan adsense sang pemilik situs.

Itulah penjelasan mengenai pengertian beserta cara kerja Google Adsense. Semoga bisa membantu kamu untuk memahami Google Adsense dengan lebih baik.

Yuk, baca artikel lainnya seputar kesehatan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *