Yuk Belajar Cara Menggunakan Instagram Ads untuk Mendongkrak Bisnis Kamu!

yuk belajar cara menggunakan instagram ads untuk mendongkrak bisnis kamu

Halo, YOTers! Setuju gak sih kalau membangun followers merupakan salah satu kesulitan saat memulai jualan di Instagram? Seperti yang kita ketahui jumlah followers yang banyak akan sangat membantu saat berbisnis di Instagram. Apalagi jika kamu menjalin koneksi yang baik dengan para followers. Tapi, meskipun kamu baru memulai bisnis di Instagram dengan jumlah followers yang sedikit, kamu tetap bisa menjangkau banyak audience loh, kamu cukup menggunakan fitur Instagram Ads. Yuk, pelajari cara menggunakan Instagram Ads!

Cara Menggunakan Instagram Ads

Menggunakan Instagram sebagai sosial media pribadi dan media marketing merupakan dua kegiatan yang berbeda bahkan bertolak belakang. Dengan Instagram Ads, kamu berusaha menjual jasa atau produk. Sementara sosial media lebih bersifat privasi atau sarana komunikasi.

Supaya tidak salah langkah saat menggunakan fasilitas dan fitur canggih Instagram Ads. Ikuti cara menggunakan Instagram Ads di bawah ini:

1. Sign In Instagram Bisnis

Langkah pertama tentu saja masuk ke akun Instagram bisnis kamu. Setelah masuk ke Instagram, kamu hanya perlu masuk ke menu profile untuk mengubah settingan menjadi Instagram bisnis.

Karena Instagram masih satu koneksi dengan Facebook. Maka kamu akan diminta untuk terkoneksi dengan Facebook Page. Silahkan tentukan kategori bisnis yang ingin kamu jalankan.

2. Tentukan Materi Iklan

Instagram Ads menyediakan banyak format iklan atraktif yang bisa digunakan oleh penggunanya. kamu hanya perlu pilih satu konsep materi iklan yang dibutuhkan. Apakah bermaksud posting iklan video? Atau cukup dengan iklan gambar dan caption yang menarik saja?

Memilih konsep iklan yang tepat akan membantu promosi produk meledak di Instagram. Semakin banyak konsumen yang melihat iklan kamu, maka akan semakin bagus pula omzet penjualan.

Daripada terburu-buru upload konten di Instagram Ads, kamu bisa mengolahnya terlebih dahulu. Gunakan layout gambar yang baik sehingga iklan Instagram yang kamu publikasikan mendapatkan atensi dari followers kamu.

3. Pilih Goals

Sudah paham dengan tata cara menggunaan Instagram Ads? Apa yang ingin kamu dapatkan dari sosial media populer tersebut? apa itu meningkatkan brand awareness? Atau mempromosikan produk? Selain keduanya, disediakan juga konten video views, traffic, lead generation dan sebagainya.

Jika kamu bermaksud untuk mempromosikan produk. Instagram Ads merekomendasian halaman profile sebagai tempat terbaik  posting iklan. Selain halaman profile, kamu juga bisa menggiring iklan ke menu etalase atau situs web. Masing-masing goals memberikan efek yang berbeda terhadap sosial media marketing bisnis kamu.

4. Tentukan Target Marketing

Selain memahami tujuan memilih sosial media Instagram, kamu juga harus menguasai konsep target marketing. Jangan sampai, produk sudah selesai dibuat dan siap di pasarkan tapi belum jelas siapa konsumennya.

kamu harus melakukan riset agar diperoleh suara bulat mengenai target marketing. Lakukan riset berdasarkan informasi umum termasu gender, usia, pekerjaan, minat, pendidian dan lainnya.

Setelah mendapatkan gambaran tepatnya, ada baiknya kamu mengoptimalkan fitur “buat milik sendiri” Di mana kamu bisa menentukan seorang diri siapa saja audience yang akan ditunjukkan konten Instagram Ads. Jika tidak ingin direpotkan dengan pengaturan audience yang rumit, cukup pilih otomatis.

5. Tetapkan Harga

Instagram memiliki fitur iklan yang sangat modern dengan rentang harga yang terjangkau. kamu bisa menentukan sendiri hendak posting iklan harian atau berdurasi panjang. Untuk durasi panjang, kamu bisa menampilkan iklan hingga satu bulan lamanya.

Anggaran Instagram Ads harus diperhitungkan dengan sematang mungkin. Apalagi jika bisnis kamu baru dibuka belum mendapatkan banyak pemasukan dari belanja konsumen.

6. Cek Preview Iklan

Cara menggunakan Instagram Ads tahap finishing sebelum tekan “buat promosi” adalah pengecekan preview iklan. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari kesalahan postingan iklan yang akan merugikan kamu.

Saat preview iklan tersedia, perhatikan dengan baik apakah masih ada yang kurang atau tidak? Jika semuanya sudah sesuai dengan selera kamu, segera lanjutkan pembayaran agar iklan Instagram bisa segera diproses.

Itulah tata cara menggunakan iklan Instagram. kamu yang baru pertama kali mencoba sosial media ini untuk beriklan, wajib mempelajari tutorial di atas. Supaya tidak salah ketika mencoba beriklan.

Nah, itu dia YOTers cara menggunakan Instagram Ads! Seru kan? Yuk, dicoba! Terutama, untuk kamu yang ingin memulai usaha dan mempromosikannya di Instagram.

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel seputar entrepreneurship?  Yuk, kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak konten inspiratif dari narasumber berpengalaman? Yuk, bergabung di Premium Member Young On Top di sini!

Yuk, baca artikel lainnya seputar entrepreneurship!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *