Pentingnya Call To Action (CTA) di Dalam Iklan

Halo, YOTers! Bagi kam uyang gemar bermain media sosial khususnya Instagram, pasti sudah tak asing melihat kalimat ajakan untuk melakukan sesuatu pada akhir caption setiap postingan yang berkaitan dengan bisnis, contohnya ajakan melakukan pembelian dengan mengklik sebuah link seperti “Limited Edition! Grab It Fast Here www.adidas.co.id”. Nah, dalam marketing kalimat ini disebut Call To Action (CTA).

Seperti yang kita tahu, salah satu strategi digital marketing paling efektif adalah dengan memanfaatkan media sosial.  Sama seperti media sosial lainnya, memasang iklan di Instagram tak hanya sebatas soal menentukan konten foto maupun video yang menarik saja, tetapi juga yang tak kalah penting adalah menentukan CTA yang tepat.

CTA ini  berfungsi untuk mempersuasi audiens yang kamu targetkan untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan produk/jasa yang kamu tawarkan.

Manfaat Call To Action di Dalam Iklan Instagram

Untuk memahami lebih dalam tentang betapa pentingnya CTA di dalam iklan Instagram, di bawah ini kami telah merangkum beberapa manfaatnya untuk marketing bisnis kamu.

1. Mengarahkan Tindakan Audiens Sesuai Kebutuhan Kamu

Kalimat CTA yang tepat adalah yang ringkas, jelas, dan tidak membingungkan, pasti dapat mengarahkan tindakan audiens sesuai kebutuhan kamu. Misalnya seperti, membeli produk/jasa, berlangganan newsletter/email, follow account, like picture, menonton video, mendengarkan podcast, mendaftar kursus, memberikan komentar dan share with a friend.

2. Mengatasi Ketidaktahuan dan Kebingungan Audiens

CTA dapat mengatasi ketidaktahuan dan kebingungan audiens atas informasi produk/jasa yang kamu tawarkan di Instagram. Dengan mengarahkan audiens untuk mengunjungi website kamu misalnya, tentu informasi produk/jasa yang dibutuhkan tersedia lebih detail dan lengkap.

3. Menambah Jumlah Audiens dan Meningkatkan Penjualan

CTA dapat membantu menambah jumlah audiens atau traffic pada website kamu yang difungsikan sebagai online shop. Jumlah audiens yang bertambah otomatis meningkatkan potensi penjualan.

4. Mengoptimalkan Iklan Kamu

Sebuah iklan Instagram tak akan bisa efektif menarik minat audiens jika hanya berisi foto, video dan caption berisi informasi seadanya. Dengan adanya CTA iklan kamu akan lebih optimal dan efektif, karena audiens yang tertarik dengan produk/jasa kamu tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk mendapatkan produk/jasa kamu.

Tips Membuat Call To Action yang Menguntungkan Bisnis

Sebagai tambahan informasi, berikut ini beberapa tips membuat CTA yang dapat kamu gunakan dan dapat menguntungkan bisnis kamu.

1. Buat Ringkas dan Jelas

CTA hanya penegasan informasi yang telah ada sebelumnya. Pastikan kalimat CTA yang kamu buat yang ringkas dan jelas. Jangan ambigu apalagi bertele-tele, agar tidak membingungkan audiens.

2. Gunakan Kalimat Perintah

Tak hanya ringkas dan jelas, sebaiknya gunakan kalimat perintah. Contoh, daripada “Untuk membaca panduan bagaimana menjadi Youtuber terkenal, silahkan beli buku nya di link ini..” akan lebih baik jika kalimatnya seperti ini “Mau jadi Youtuber terkenal? Dapatkan buku panduannya sekarang juga dengan mengisi from dibawah ini!”

3. Kreatif dan Unik

Buatlah CTA yang kreatif dan unik. kamu bisa memasukan unsur yang identik dengan produk/jasa yang kamu tawarkan. Misalnya, daripada menggunakan kalimat umum seperi “Pesan sekarang juga!” yang udah mainstream, kamu bisa menggunakan kalimat “Rasakan kelezatan khas nusantara sekarang!”.

4. Promo Penawaran Terbatas

Menggunakan promo penawaran terbatas sebagai CTA adalah trik jitu. Terapkan dengan nyata dan tegas. Jadi jika audiens tidak mengambil kesempatan promo penawaran terbatas maka mereka tidak mungkin dapat kesempatan lagi (di batasan yang ditentukan, bisa berupa jumlah maupun waktu).

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel seputar entrepreneurship?  Yuk, kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak konten inspiratif dari narasumber berpengalaman? Yuk, bergabung di Premium Member Young On Top di sini!

Yuk, baca artikel lainnya seputar entrepreneurship!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *