Dihadiri Ratusan Pelajar dari Seluruh Indonesia, AIESEC IPB Menjawab Problematika Belajar di Kala Pandemi Melalui Acara Picasso of Learning

Dokumentasi sesi foto bersama partisipan Zona Inspirasi. Sumber: Tangkapan Layar Panitia

Bogor, 17 Juli 2021– Pandemi menjadi hambatan bagi segelintir orang dalam belajar dan meningkatkan produktivitas. Alasan utama yang kerap dihadapi di antaranya lingkungan belajar yang tidak kondusif,  perasaan malas dan jenuh, serta kesulitan berkonsentrasi. Menjawab problematika tersebut, AIESEC IPB menggelar virtual event Zona Inspirasi bertajuk Picasso of Learning: Discovering the Ideal Learning Method to Boost Your Productivity yang diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya efektivitas dalam proses belajar. 

Acara tersebut digelar dalam dua sesi utama dengan highlight berbeda dan diselingi dengan games interaktif bertemakan pendidikan. Sesi pertama bertajuk Me vs Myself yang diisi oleh Habibul Fuadi Hanif atau yang kerap disapa Kak Bibul, Most Inspiring Student of IPB University periode 2020 sekaligus C&P Analyst Danone Indonesia. Sesi ini membahas tentang berbagai permasalahan dalam belajar yang kerap berpusat pada diri sendiri seperti procrastination, manajemen waktu, stress management, dan berbagai persoalan lainnya. Sepanjang sesi, Kak Bibul mengajak partisipan mengatasi berbagai permasalahan belajar dan memperkenalkan beberapa teknik untuk mengatasi permasalahan individu dalam belajar, seperti teknik Only-Do-While dan Ivy Lee Method.

Sesi Me vs Myself oleh Habibul Hanif. Sumber: Tangkapan Layar Panitia

Setelah mengenal hambatan dalam diri dan menemukan solusi untuk membenahinya, acara dilanjutkan dengan sesi kedua yang bertemakan Mastermind. Pada sesi ini, partisipan diajak untuk mengetahui strategi dan metode belajar yang baik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Sesi ini diisi oleh Fauzan Al Rasyid, atau yang biasa dikenal sebagai Ayah Fauzan, seorang education influencer Indonesia dan  secara aktif dikenal oleh banyak kalangan melalui platform Twitter.  

Acara Zona Inspirasi yang diselenggarakan pada tanggal 17 Juli 2021 kemarin sukses digelar dan dihadiri 122 peserta dari seluruh Indonesia. Antusiasme yang diberikan terhadap virtual event ini mendapat pujian dari Fauzan Al Rasyid melalui cuitan di akun Twitter-nya @fauzanalrasyid  “Terima kasih untuk semua peserta dan, khususnya,  @aiesecipb yang telah menyelenggarakan acara ini. Sampai jumpa pada lain waktu.”

Sesi Mastermind oleh Fauzan Al Rasyid. Sumber: Tangkapan Layar Panitia

Rangkaian acara ditutup dengan sesi pengenalan AIESEC sebagai organisasi kepemimpinan pemuda terbesar di dunia dan tersebar di lebih dari 120 negara, salah satunya Indonesia. AIESEC IPB hadir sebagai salah satu anggota entitas lokal AIESEC sebagai wadah pengembangan kepemimpinan pemuda dengan berbagai program yang mengacu pada aktualisasi nilai-nilai Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satunya  yang diangkat menjadi tema acara kali ini, yaitu SDGs poin 4, Pendidikan Berkualitas. Acara ini pun sukses mendapat impresi baik dari sejumlah partisipan. “Overall, this is the best webinar i’ve ever joined! Semoga ontime nya bisa selalu di jaga ya kakak-kakak, sekali lagi terima kasih banyak untuk itu!” ulas salah satu partisipan terhadap rangkaian acara. 

“Dengan adanya Zona Inspirasi, saya harap kita semua dapat terus mengembangkan diri guna meningkatkan produktivitas dan membantu partisipan untuk mempersiapkan hal-hal kecil untuk masa depan!” Pungkas Adinda Salfa Tabina, selaku Organizing Committee President pada acara tersebut. Kedepannya, AIESEC IPB berharap dapat terus menjawab permasalahan yang kerap dialami oleh pemuda Indonesia melalui sejumlah event dan program menarik lainnya, serta turut membantu aktualisasi nilai-nilai SDGs bagi pemuda Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *