Belajar Cara Mencintai Diri Sendiri agar Hidup Lebih Bahagia

belajar cara mencintai diri sendiri agar hidup lebih bahagia

Halo, YOTers! Mencintai orang itu rasanya nyampur, ada manis, asin, asam, dan berbagai rasa lainnya yang bercampur menjadi satu. Tapi, sebelum mencintai orang lain, akan lebih baik apabila YOTers belajar cara mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Apa saja sih manfaat mencintai diri sendiri itu?

  • Meningkatkan rasa percaya diri.
  • Menjadi pribadi yang lebih kuat.
  • Tidak terpengaruh perkataan orang lain.
  • Mengetahui hal yang benar untuk diri sendiri.

Nah, untuk kamu yang ingin belajar cara mencintai diri sendiri? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Mencintai Diri Sendiri

1. Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Setelah berkegiatan seharian, pastikan kamu menyempatkan diri untuk beristirahat, Kamu orangnya workaholic banget? Gak masalah! Kerjakan semua pekerjaan yang harus kamu selesaikan dengan baik, tapi jangan sampai kebablasan, istirahat yang cukup bisa membuat kamu lebih fit untuk menyelesaikan pekerjaan kamu di hari berikutnya.

2. Jangan Membandingkan Pencapaian Diri Sendiri dengan Orang Lain

Hadirnya media sosial tentunya sangat mempermudah kita untuk berhubungan dengan teman atau keluarga jauh. Tapi, media sosial juga bisa membuat kita membandingkan pencapaian kita dengan orang lain yang mungkin sudah lebih dari kita. Nah, perlu diingat nih YOTers, terlalu sering membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain itu nyatanya hanya akan menjatuhkan kita. Inti dari mencintai diri sendiri adalah menghargai usaha kita, dan belajar bagaimana caranya agar kita bisa menjadi lebih berkembang.

3. Menjauhkan Diri dari Berita-Berita Negatif

Pernah gak kamu membaca berita-berita soal konflik antara satu kelompok dengan kelompok lainnya? Atau, berita mengenai kelakuan orang yang bisa dibilang sangat jahat, seperti memalsukan oksigen, obat, dan lainnya? Bagaimana perasaan kamu setelah membaca berita tersebut? Susanne Babbel, psikoterapis spesialis pemulihan trauma mengatakan bahwa keseringan terpapar berita negatif dapat menggagalkan kemampuan kamu untuk mengatasi stres dengan baik dan menghambat diri untuk kembali ke keadaan rileks.

Nah, memang benar membaca berita itu penting, tapi usahakan jangan keseringan membaca berita yang negatif ya YOTers! Masih banyak berita-berita positif dan informatif yang beredar setiap harinya!

4. Berteman dengan Orang-Orang Positif

Kelilingi lingkungan pertemanan kamu dengan orang-orang positif. Obrolan ataupun aktivitas yang akan kamu jalani bersama teman-teman nantinya akan menjadi lebih positif juga. Lagi pula, tahukah kamu bahwa energi postifi itu ternyata bisa menular? Nah, oleh karena itu, yuk penuhi lingkunganmu dengan orang-orang positif!

5. Jauhkan Diri dari Orang Toxic

Perlu diketahui YOTers, konteks jauhkan di sini bukan berarti dimusuhi ya, konteks nya lebih kepada mengurangi intensitas pertemuan atau interaksi dengan orang-orang toxic. Emang alasannya apa sih? Kenapa kita harus menjauhi orang toxic? Karena, orang-orang toxic hanya akan mengatakan hal-hal negatif, mengabaikan pendapat kamu, tidak peduli dengan batasan-batasan yang kamu miliki, takut kamu berkembang.

Nah, itu dia YOTers cara mencintai diri sendiri, karena kalau bukan kita, siapa lagi?

Ingin membaca lebih bacaan inspiratif? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

Selain artikel, akan ada konten seru dan inspiratif lainnya dalam bentuk podcast serta video! Tunggu apa lagi YOTers? Yuk, bergabung! premium member Young On Top di sini!

Bacaan Lainnya untuk Kamu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *