Ingin Work Life Balance? Yuk, Belajar Cara Menjadi Produktif saat Bekerja!

ingin work life balance yuk belajar cara menjadi produktif saat bekerja

Halo, YOTers! Pernah gak sih kamu mendengar ungkapan work life balanceWork life balance merupakan kondisi di mana kita dapat membagi waktu yang seimbang untuk pekerjaan, keluarga, diri sendiri, dan tanggung jawab yang lain. Nah, masih banyak orang yang belum bisa atau mungkin kesulitan mengatur jam kerja mereka sehingga tidak bisa mewujudkan work life balance. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menjadi produktif, nah bagaimana sih cara menjadi produktif? Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

Cara Menjadi Produktif

1. Menentukan Prioritas

Tentukan mana yang ingin kamu kerjakan atau harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Buat skala prioritas, mana yang sangat penting dan harus segera dikerjakan, mana yang bisa ditunda atau dikerjakan nanti. Atau, kamu juga bisa mengerjakan kerjaan dari tingkat kesulitannya, nah kalau yang ini bisa kamu sesuaikan sendiri, apakah kamu lebih nyaman mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu, atau mungkin yang mudah terlebih dahulu.

2. Jangan Menunda-nunda Pekerjaan

Salah satu hal yang membuat produktifitas menurun adalah kebiasaan menunda pekerjaan. Biasakan langsung menyelesaikan pekerjaanmu tanpa menunda-nunda. Salah satu alasan yang paling sering diutarakan ketika menunda-nunda adalah karena pekerjaannya yang terlalu mudah. Pekerjaan yang mudah ketika ditumpuk akan menjadi banyak dan akan selesai lama dengan hasil yang tidak maksimal sehingga produktifitas menjadi berkurang.

3. Bangun Pagi

Usahakan untuk bangun pagi! Kenapa? Karena, dengan bangun pagi, kamu dapat menyelesaikan lebih banyak kegiatan dengan waktu yang lebih banyak.

4. Sempatkan Berolahraga

Berolahraga dapat membantu kamu untuk lebih segar saat bekerja. Sering merasa tidak memilik waktu untuk berolahraga? Usahakan bangun pagi seperti point di atas! Atau, ambil waktu setelah bekerja di sore hari. Sering berolahraga dapat meningkatkan kesehatan, apa lagi di musim pandemi saat ini.

5. Membuat List Tugas

Membuat list tugas juga dapat membantu kamu lebih produktif dalam bekerja. Usahakan membuat list tugas di malam sebelumnya, atau mungkin setelah selesai bekerja agar di keesokan harinya kamu tidak kebingungan hingga memakan waktu hanya memikirkan apa yang harus dikerjakan di hari itu.

Nah, itu dia YOTers cara menjadi produktif yang dapat kamu terapkan sehari-hari. Bagaimana? Mudah bukan? Yuk, langsung saja terapkan sekarang!

Ingin membaca lebih bacaan inspiratif? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

Selain artikel, akan ada konten seru dan inspiratif lainnya dalam bentuk podcast serta video! Tunggu apa lagi YOTers? Yuk, bergabung! premium member Young On Top di sini!

Bacaan Lainnya untuk Kamu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *