Malas merawat diri karena depresi

depresi

Hai connextian dan Yoter, oke kerena sudah sebuln gak ngisi tulisan di YOT dan SocialConnext kali ini aku akan mencoba membahas terkait “depresi bisa membuat kita malas merawat diri”.

Depresi bagi yang belum tau adalah masalah kesehatan mental serius yang ditandain dengan gangguan mood serta perasaan sedih yang intens dan mendalam.

adapun beberapa gejala depresi yang bisa dirasakan yaitu:

  • Kesulitan konsentrasi dan mengambil keputusaan
  • Kelelahan
  • Pesimis dan putus asa
  • Kehilangan minat pada aktivitas yang menyenangkan
  • Sakit fisik seperti sakit kepala atau perut yang tidak kunjung hilang
  • Bahkan sampai pemikiran untuk bunuh diri

Kejala ini bisa berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari seseorang termasuk menjadi malas untuk membersihkan diri.

Banyak orang ketika mengalami depresi akan merasakan kesulitan untuk melakukan hal-hal dasar seperti menjaga kebersihan pribadi, cuci tangan, mandi, mencuci pakaian bahkan hanya sekedar untuk menyisi rambut.

Tidak sedikit dari mereka yang tidak memiliki cukup energi sehingga tidak memperhatikan kepersihan pribadi jika tidak diingatkan orang terdekat seperti keluarganya.

Loh kok bisa seperti itu emang kenapa ya?

jadi depresi itu sering di tandai dengan berkurangnya minat dalam menjalankan aktivitas dan kelalahan. Dengan kata lain orang tersebut mengalami penurunan motivasi dan energi untuk menjada kebersihannya. Terlebih lagi jika depresi mengalami gejala sakit fisik dapat membuat orang tidak dapat merawat diri.

Stigma tentang malas membersihkan diri

Menjaga kebersihan adalah hal yang baik karena dapat mencegah penyakit dan membantu kita merawat tubuh kita. Tapi sayangnya kita sering mengasosiasikan jika kurang nya kebersihan dengan kemiskinan, kemalasan, atau kondisi tunawisma.

Hal inilah yang membuat orang yang mengalami depersi dan kebersihan pribadi dan orang akan malu dan sulit untuk minta bantuan. Padahal kondisi mental juga dapat mempengaruhi bagaimana seseorang merawak kebersihan diri sehari-hari, termasuk depresi. Oke lah kita semua tau kalau kita harus selalu memperhatikan kebersihan demi kesehatan umum dan pribadi tentunya. Tetapi jika kesehatan mental membuat kita sulit merawat diri , kita tidak perlu merasa malu untuk mencari dan meminta bantuan.

 

Terima kasih connextian dan Yoter,

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *