Jadilah Gelas Yang Selalu Kosong

Hi YOTers!

Jika membaca judul, mungkin kalian bertanya apa maksud dari judul artikel ini? Yap menjadi sebuah gelas kosong disini memiliki pengertian bahwa jadilah seseorang yang haus akan ilmu. Kita tahu bahwa saat ini, ilmu dan kesempatan tersebar luas. Untuk mendapatkan ilmu mungkin tidak sesulit zaman dahulu, sekarang ilmu ibaratnya sudah ada digenggaman tanganmu.

Menjadi gelas yang kosong itu bisa kita jadikan prinsip dalam menjalani kehidupan. Artinya, jika kita berada di lingkungan baru kita harus beradaptasi dan terbuka dengan ilmu serta saran yang diberikan. Sebaliknya, jika gelas tersebut sudah penuh kita akan merasa paling pintar dan berpengalaman sehingga menutup diri untuk belajar. Akibatnya orang lain akan menganggap diri kita menjadi seorang yang sombong dan apatis serta berakhir menjadi orang yang merugi.

Namun, ada satu hal yang harus diperhatikan. Gelas yang kosong dapat kira isi dengan berbagai jenis air. Jika kita mengisi dengan air mineral maka yang akan terlihat adalah kejernihan. Sebaliknya, jika kita isi dengan air kopi maka air akan terlihat keruh. Artinya adalah kita juga harus memilih ilmu mana yang pantas kita serap agar nanti kedepannya ilmu tersebut tidak hanya berguna untuk diir kita melainkan untuk orang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *