Kenapa sih cewek kebanyakan nggak bisa baca maps?

Halo YOTers, balik lagi nih sama saya setelah sekian lama vakum nulis artikel akhirnya sekarang mulai bikin lagi. Hayo siapa disini yang sering ngeluh istri, pacar atau temen cewek nya yang selalu bikin cowok-cowok malah nyasar kalo diminta buka aplikasi Google Map? ternyata ada alasan biologis loh yang dikemukakan oleh ilmuan. Yuk simak terus artikel nya kalau kamu kepo.

Meskipun nggak semua cewek buruk dalam membaca peta, anggapan ini cukup diperkuat lebih banyaknya pengalaman cewek yang tersesat ketimbang cowok. Berikut alasan kenapa kebanyakan nggak bisa baca maps.

1. Kinerja Otak

Kinerja otak cowok dan cewek dalam hal navigasi sama sekali berbeda.

Saat mencari arah, cowok lebih banyak menggunakan bagian hippocampus dari otak, yaitu bagian dari otak besar yang berperan dalam kemampuan mengingat dan navigasi ruangan. Sementara, cewek menggunakan bagian lobus frontal, yaitu bagian otak yang mengendalikan gerakan, ucapan, perilaku, memori, emosi, dan kepribadian. Bagian otak ini juga berperan dalam fungsi intelektual, seperti proses berpikir, penalaran, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan perencanaan.

2. Kemampuan Spasial

Menurut penelitian dari Universitas Illinois di Amerika menunjukkan bahwa cowok memiliki kemampuan Spasial yang lebih bagus daripada cewek. Apa itu kemampuan spasial? kemampuan spasial adalah kemampuan seseorang untuk memotret ruang atau tempat, termasuk warna, garis, bentuk, dan visualisasinya. Kemampuan spasial membuat kamu bisa lebih memahami hubungan antara objek dan ruang atau tempat, dengan lebih baik

3. Bisa dilatih

Ternyata kemampuan navigasi bisa dilatih loh YOTers. cewek yang sudah terbiasa menggunakan peta dan mencari arah akan memiliki kemampuan navigasi yang tidak kalah loh dengan cowo. Untuk itu bagi cewek yang ingin memperbaiki kemampuan navigasinya seringlah bepergian sendiri dan mencari arah dengan bantuan maps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *