Mengapa sebagian orang tidak suka dengan hari senin?

Hai Connextian dan YOTers! Kalian tau gak kalau ternyata ada sebagian orang yang gak suka sama hari senin? atau jangan-jangan kalian juga termasuk salah satunya? Tenang, kalian gak sendiri kok karena aku sendiri juga mengalami hal yang sama. 

Nah ketidaksukaan terhadap hari senin ini ada istilahnya loh, yaitu monday blues. Monday blues atau senin kelabu adalah perasaan cemas, gelisah atau takut terhadap hari senin, setelah sekian hari sebelumnya menghabiskan akhir pekan. Nah efek dari monday blues ini biasanya membuat kita merasa gak nyaman, gelisah atau merasakan perasaan gak menyenangkan lainnya.

Lalu apa sih penyebab orang tidak suka hari senin?

Kemungkinan pertama adalah karena adanya perubahan kondisi tubuh. Di akhir pekan, tubuh dan pikiran kita akan lebih santai karena tidak harus memikirkan pekerjaan, rutinitas, dll. Tapi ketika masuk hari senin, kita harus kembali ke mode kerja dan menyiapkan mental untuk kembali menjalani rutinitas.

Bisa juga ketidaksukaan itu muncul karena faktor kebebasan. Di akhir pekan kita bebas melakukan apapun, entah itu melakukan hobi kita, jalan-jalan atau sekedar bermalas-malasan tanpa perlu merasa terikat oleh tanggung jawab pekerjaan dll. Tapi saat senin tiba, kebebasan sebelumnya seolah-olah dirampas dari kita karena harus kembali lagi pada tanggung jawab kita. Tak jarang kesenangan dan kebebasan di akhir pekan ini masih terbawa hingga ke hari senin dan yang ada malah membuat mood kita jadi memburuk.

Atau bisa jadi ketidaksukaan ini dikarenakan kita memang tidak suka dengan rutinitas yang harus kita lakukan di hari senin tersebut. Misalnya, seorang mahasiswa yang harus tetap sekolah di jurusan yang mungkin sangat tidak cocok dengan dirinya atau seseorang yang terpaksa harus tetap bekerja di lingkungan yang toxic. Hal-hal seperti tadi bisa jadi alasan yang kuat mengapa seseorang tidak suka dengan hari senin.

Lalu apa ada solusi untuk mengatasi hal ini?

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita coba. Misalnya, istirahat dengan cukup di hari minggu. Meskipun kita bebas melakukan apapun di akhir pekan, ada baiknya kita tetap mengatur waktu kita supaya bisa istirahat dengan cukup dengan tujuan bisa bangun keesokan paginya dengan tubuh dan pikiran yang fresh.

Hal lain yang bisa kita coba yaitu membuat semacam todo list pekerjaan kita di hari senin. Kita bisa melakukannya sebelum akhir pekan atau di senin pagi. Tujuannya supaya kita tahu dengan jelas apa yang harus kita lakukan dan lebih siap lagi untuk memulai hari senin.

Dan yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah selalu bersyukur karena kita masih punya rutinitas entah itu untuk belajar atau bekerja. Karena masih banyak orang diluar sana yang tidak seberuntung kita dan mereka terus berdoa setiap hari untuk bisa berada di posisi kita saat ini.

Sekian dan terimakasih.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *