#ReviewBuku : The Things You Can See Only When You Slow Down

“Ketika segala sesuatu di sekitar saya bergerak begitu cepat, saya berhenti sejenak dan bertanya, apakah memang dunia yang terlalu sibuk, atau malah batin saya?” (The Things You Can See Only When You Slow Down, hlm. 10).

Saat kegiatan begitu menyita waktu, terkadang kesibukan begitu menyesakkan. Perasaan stress dan tertekan membuat kita seakan kehilangan makna dalam menjalani hidup ini. Apabila hal ini terjadi, salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah mengambil jeda sejenak. Istirahat dan mengambil jeda dari kesibukan dan rutinitas harian dapat memperbaharui semangat kita dalam menjalani hidup.

Hi YOTers, tadi adalah sebagian isi dari buku yang berjudul “The Things You Can See Only When You Slow Down”. Buku bergenre self-improvement ini ditulis oleh Haemin Sunim, seorang guru biksu Buddhisme Zen yang berasal dari Korea Selatan. Ia pernah mengenyam pendidikan di Universitas Berkeley dan Harvard. Ia juga aktif memberikan nasihat bijak tentang hidup dan ajaran meditasi di media sosial.

Buku ini sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari. Saat dunia begitu sibuk hingga membuat waktu terasa berlalu dengan cepat. Pikiran kita pun seolah menjadi begitu sibuk memikirkan banyak hal seputar kehidupan. Melalui buku ini, penulis memberikan banyak tips untuk menerapkan sikap mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini terdiri dari 8 bab, antara lain Istirahat, Kebersadaran, Gairah, Hubungan, Cinta, Kehidupan, Masa Depan, dan Spiritualitas. Setiap bab diawali dengan prolog yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi maupun pemikiran penulis yang menarik. Diikuti dengan nasihat  bijak yang cenderung mengingatkan. Kata-katanya sederhana, mudah dimengerti, dan sangat mengena. Disamping itu juga diselingi dengan ilustrasi-ilustrasi yang menarik dan memanjakan mata.

 

Dalam buku ini penulis juga menganjurkan sebaiknya dibaca pelan-pelan, agar dapat menikmati dan mendapatkan makna mendalam dalam setiap babnya. The Things You Can See Only When You Slow Down sangat relevan dengan kehidupan di dunia yang semakin kompleks ini. Ketika begitu sibuk merasa terus-menerus seolah dikejar waktu, ketika masa depan tampak tak pasti, ketika terluka oleh perkataan seseorang, cobalah berhenti sejenak, meskipun hanya sesaat. Cobalah menarik napas dalam-dalam. Dalam keheningan jeda itulah, keseluruhan keberadaan kita, diam-diam terungkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *