4 Tips Menghargai Ide Orang Lain

Bagi mereka yang memang sering bergelut dengan hal-hal yang baru dan kreatif, banyak ide yang muncul dari teman maupun rekanan kerja. Terkadang, ide yang disampaikan dan tidak diolah dengan baik oleh alur komunikasi yang ada, akan menjadi bumerang. Mereka yang idenya tidak dihargai akan menjadi kecewa dan akan sulit untuk mengeluarkan ide-ide baru. Berikut ini adalah tips untuk menghargai ide orang lain.

  1. Hilangkan ego

Sebelum kita bisa menghargai ide orang lain, kita harus bisa menurunkan ego kita terlebih dahulu. Untuk bisa menurunkan ego ini, kamu harus bisa menyadari bahwa tidak akan ada yang berkurang dari dirimu walaupun kamu menghargai ide orang lain. Posisimu, statusmu, nilaimu, dijamin akan tetap aman walaupun kamu mendengarkan, menghargai, dan mengakui ide-ide orang lain dalam pekerjaan yang sedang kamu lakukan bersama.

  1. Menjadi pendengar yang baik

Hal ini adalah sesuatu hal wajib yang harus kamu miliki. Karena ketika kita mendengarkan ide-ide yang masuk dengan fokus, disitulah kita akan menemui hal apa yang menarik dari ide tersebut. Meskipun tidak seberapa berpengaruh, setidaknya ide tersebut akan menjadi menarik ketika kita menemui inti dari ide tersebut.

  1. Tiap orang memiliki kemampuan tersendiri

Sejak lahir, manusia terlahir dan di didik dengan kelebihan dan cara yang berbeda-beda. Masing-masing punya kelebihan tertentu, jika kamu sudah bisa mengenalinya, kamu bisa memulai mengarahkan mereka agar memberikan kontribusinya di bidang yang memang mereka sukai dan bisa melakukan dengan baik. Jangan sampai semua orang ingin berkontribusi pada hal yang sama tanpa memperhatikan apa yang menjadi area keahlian mereka.

  1. Temukan inti & esensinya

Jika esensi dari ide yang dihasilkan sudah ditemukan, otomatis kalian pasti bisa menghargai ide tersebut. Karena kalian akan menganggap ide tersebut sudah memiliki kontribusi dari sebuah konsep besar yang sedang kalian garap. Selain itu, ketika esensi sudah ditemukan, disitulah kalian dianggap berhasil karena sudah menjadi pendengar yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *