Patung Lele, Ikon Kenangan Kota Bekasi

Sebagai warga asli Bekasi, saya mau bercerita mengenai ikon Bekasi pada jaman dahulu. Waktu saya kecil, cukup terkenal dikalangan masyarakat Bekasi. Terlebih posisi ikon ini memang di tengah Kota. Walau rupanya sudah tidak lagi ada, namun cukup ikonik pada masanya.

Ikon itu dikenal dengan Patung Lele Bekasi. Patung Lele atau juga dikenal dengan Tugu Patung Lele berada di Jalan Ir. H. Juanda yang memiliki posisi sangat strategis di pusat Kota dekat dengan Stasiun Bekasi, sehingga masyarakat biasa menggunakannya sebagai acuan penunjuk jalan. Tugu ini berbentuk dua ekor ikan lele yang mengelilingi buah kecapi.

Source : Infobekasi.co.id Source : Infobekasi.co.id

 

Pada awalnya Patung Lele dibuat pada tahun 1995 dan menjadi landmark Kota Bekasi selama 7 tahun sampai tahun 2002. Karena pada tahun itu, Patung Lele dibakar oleh orang yang tergabung dalam organisasi di Bekasi, karena dirasa tidak merepresentasikan masyarakat Bekasi, dimana menurut masyarakat ikan lele memiliki sifat ikan memakan apa saja yang ada disekitarnya menggambarkan sifat ketamakan dan keserakahan.

Source : Suaralira.com

Namun kini Patung Lele yang tinggal kenangan, berubah menjadi Tugu Bambu Kuning, menjadi simbol baru masyarakat Kota Bekasi, kalau kamu punya kenangan apa dengan Patung Lele di Bekasi? Yuk cerita di kolom komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *