Merayakan HUT Ke-76 RI lewat Rumah Digital Indonesia

peringatan hut ke 76 ri digelar virtual tetap semarak dengan platform digital

Festival kemerdekaan virtual pertama akan segera hadir di bulan kemerdekaan. Masyarakat nantinya bisa berinteraksi, menonton berbagai konten hiburan seni dan budaya, melakukan lomba khas 17-an, hingga belanja produk lokal secara virtual.

Semuanya bisa dilakukan di Rumah Digital Indonesia yang akan diluncurkan pemerintah pada 1 Agustus 2021. Masyarakat bisa mengaksesnya di www.rumahdigitalindonesia.id.

Staf Khusus Presiden yang juga Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia (RDI) Putri Tanjung mengatakan, RDI hadir agar masyarakat merasakan pengalaman seperti menghadiri langsung festival kemerdekaan, sekaligus menjawab tantangan perkembangan kemajuan teknologi.

“Di Tengah situasi pandemi yang menghalangi kita berkumpul merayakan kemerdekaan secara langsung, Rumah Digital Indonesia hadir menjadi tempat masyarakat berkumpul merayakan kemerdekaan sambil mengenal keragaman Indonesia,” ujar Putri Tanjung.

Putri menyampaikan, seperti pesan Presiden Joko Widodo, RDI akan menjadi wadah partisipasi dan kebersamaan masyarakat dalam merayakan kemerdekaan.

Beberapa aktivitas khas kemerdekaan seperti perlombaan bisa dilakukan di sini. Salah satu fitur utama di RDI adalah “Arena Perlombaan”, di mana masyarakat bisa bermain permainan khas 17-an seperti balap karung, makan kerupuk, hingga tarik tambang secara virtual. Bahkan akan ada papan skor yang membuat persaingan antarpeserta menjadi semakin seru.

“Arena Perlombaan” hanya satu dari banyaknya fitur RDI yang bisa dinikmati masyarakat untuk menyemarakkan hari kemerdekaan dari rumah.

Selain bermain perlombaan khas 17-an, kita juga bisa menyaksikan berbagai video kreativitas masyarakat dalam berkesenian seperti menyanyi lagu daerah dan nasional, puisi, drama, sampai film pendek di dalam “Ruang Seni dan Budaya”.

Hal lain yang bisa dinikmati masyarakat adalah menjelajahi Indonesia lewat “Petualangan Nusantara”, sebuah peta interaktif yang dilengkapi informasi destinasi wisata unggulan hingga kuliner khas daerah. Masyarakat akan serasa menyelami indahnya kekayaan Nusantara meski di rumah saja. “Petualangan Nusantara” juga punya “Wajah Indonesia” yang bercerita soal pahlawan lokal, yakni sosok orang biasa yang telah berbuat hal luar biasa yang berdampak bagi daerahnya.

Setelah puas bermain hingga menjelajahi Nusantara, itu berarti waktunya masyarakat bisa berbelanja di “Pasar Lokal”, di mana masyarakat bisa membeli produk UMKM unggulan dari 34 provinsi secara virtual yang terhubung langsung dengan marketplace karya anak bangsa.

Tidak habis di situ, masyarakat juga dapat berpetualang ke berbagai ruang lain, seperti “Ruang Komunitas” yang membuat kita bisa melihat berbagai cara unik masyarakat merayakan kemerdekaan, serta “Ruang Literasi Digital” yang menghadirkan berbagai konten ajakan memanfaatkan internet untuk kegiatan positif, edukatif, dan produktif.

Ada pula pameran foto yang menampilkan foto-foto spesial kegiatan di Istana Kepresidenan sehingga masyarakat bisa melihat sisi lain Istana.

Di RDI juga ada fitur untuk memudahkan masyarakat berbagi kepada orang lain.

Terakhir, ada “Panggung Nasional” yang akan menyiarkan rangkaian jalannya perayaan kemerdekaan RI, seperti doa kebangsaan, pidato kenegaraan, sampai upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Warga nantinya dapat berinteraksi satu sama lain menggunakan fitur chat dan reaction untuk saling mengenal dan meningkatkan semangat kebersamaan di hari kemerdekaan.

Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus Dewan Pengarah RDI Johnny G Plate mengapresiasi hadirnya RDI untuk merayakan kemerdekaan.

“RDI hadir sebagai ruang bertemunya kemajuan teknologi digital dengan semangat nasionalisme kita sebagai bangsa yang tangguh dan terus bertumbuh, untuk melampaui batas-batas fisik yang ada. Dengan semangat kebersamaan untuk merayakan Hari Kemerdekaan secara virtual, RDI menjadi salah satu bukti bahwa kita adalah bangsa yang mampu dan berdaya secara digital,” ucap Johnny.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno berujar, RDI akan menjadi wadah untuk meramaikan kemerdekaan di tengah pandemi dan wadah bagi warga memamerkan potensi daerahnya.

“RDI memberikan ruang partisipasi kepada seluruh warga untuk bergabung, untuk memamerkan desa wisatanya, kulinernya, bahkan menjual produk lokal sehingga produk itu bisa dikenal secara nasional,” kata Pratikno.

Dibuka dengan pertunjukan musik hingga talkshow

Pertunjukan musik yang dikolaborasikan dengan kostum & tarian Nusantara bertajuk “Kolaborasi Nusantara” jadi rangkaian acara pembukaan pada 1 Agustus mendatang. Sederetan artis kenamaan juga direncanakan turut tampil dalam acara pembukaan ini, antara lain Nadine Amizah, Teddy Adhitya, Sivia, Idgitaf, dan masih banyak lagi.

Talkshow “Bincang Bangsa” bertajuk “Membuka Pintu Inklusivitas lewat Kolaborasi” bersama konten kreator Jovial & Andovi da Lopez , model Monalisa Sembor, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga  akan menjadi rangkaian pembukaan Rumah Digital Indonesia.

Partisipasi masyarakat lewat video perayaan kemerdekaan

Selain menikmati berbagai konten yang disuguhkan di Rumah Digital Indonesia, masyarakat bisa berpartisipasi dengan mengirimkan konten video menarik bertema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” untuk ditampilkan di berbagai panggung dan ruang di RDI.

Konten bisa berupa menyanyikan lagu nasional hingga lagu daerah, membaca puisi, menari, memainkan drama atau bermonolog, dan ide-ide  perayaan kemerdekaan secara kreatif lainnya seperti tiktok dengan durasi video minimal 1 menit.

Masyarakat bisa mengirimkan karyanya  ke tautan bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 sampai 20 Agustus 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *