Singkat, Padat, Jelas. Gunakan Kalimat Persuasif untuk Iklan Google

singkat padat jelas gunakan kalimat persuasif untuk iklan google

Halo, YOTers! Kamu sedang mencoba membuat naskah iklan yang menarik? Memang, perlu diakui bahwa dalam pembuatan iklan, khususnya video diperlukan naskah sebagai panduan. Penulisan naskah dengan kreatif akan membantu menghasilkan iklan yang unik dan menarik sekaligus efektif, terutama untuk iklan Google.

Pada saat kamu menulis naskah iklan untuk Google maka akan sangat familiar dengan penyusunan kalimat persuasif di dalamnya. Namun jika masih awam dengan jenis kalimat ini, kamu bisa mempelajarinya lewat penjelasan berikut ini

Apa itu Kalimat Persuasif?

Istilah kalimat atau kata persuasif memiliki definisi sebagai suatu jenis kalimat yang di dalamnya menyampaikan ajakan, bujukan, maupun meyakinkan pembaca. Kalimat semacam ini lumrah ditemukan pada kalimat iklan yang tentunya bertujuan untuk mengajak pembacanya menggunakan produk atau jasa yang sedang dipasarkan.

Secara umum kalimat jenis ini memiliki beberapa ciri khas yakni, berisi kalimat yang sifatnya mengajak, menggunakan kata persuasif (ayo, mari, dan lain sebagainya), kalimat ditulis secara singkat, padat, dan juga jelas.

Selain itu, kalimat juga perlu dibuat seindah dan semenarik mungkin. Seringkali gunakanlah rima sehingga pendengar maupun pembaca bisa mengingatnya dengan mudah.

Fungsi Kalimat Persuasif di Dalam Iklan

Ciri khas lain yang dimiliki kalimat jenis ini adalah penggunaannya, yakni lumrah ditemukan pada kalimat iklan. Adapun penggunaannya pada iklan tidak terlepas dari fungsinya. Fungsi dari kalimat ini adalah:

1. Mengajak Pendengar dan Pembaca

Bisa digunakan sebagai kalimat untuk memberikan perintah, di dalam iklan perintah diberikan untuk mengajak pendengar dan pembaca.

2. Promosi

Menjadi bahan di dalam kegiatan promosi yang dapat meyakinkan pembaca dan pendengar iklan untuk menggunakan atau membeli apa yang dipasarkan.

3. Membuat iklan jadi menarik

Menjadikan iklan lebih menarik, sebab kalimat ajakan yang dibuat biasanya unik dan juga mudah menarik perhatian.

Tips Menyusun Kalimat Iklan yang Menarik untuk Iklan Google

Secara definisi dan fungsi tentu mudah sekali untuk memahami kalimat model persuasif, namun bagaimana dengan pembuatannya? Simak tips berikut ini,

1. Membuat Kalimat Utama yang Menghipnotis

Ada banyak iklan Google tampil di halaman website manapun, begitu pula di media informasi lainnya. Supaya iklan yang kamu buat bisa langsung mendapatkan perhatian maka susun kalimat utama yang menarik dan tidak biasa. Kalimat utama seharusnya “menghipnotis”, dan tidak ada salahnya menulis kalimat yang aneh dan tidak biasa.

2. Menggunakan Kalimat yang Misterius

Membuat pembaca atau pendengar iklan agar penasaran menjadi kunci untuk membuat iklan ditengok bahkan dilihat sampai tuntas. Maka susun kalimat iklan yang misterius. Misalnya dimulai dengan kalimat “Jangan senang dulu”, “Jangan anggap remeh dulu”, dan sebagainya.

3. Menyusun Kalimat yang Sulit Dilewatkan Pembacanya

Mampu menarik minat pembaca dan pendengar iklan juga perlu kalimat yang sulit dilewatkan oleh pembacanya. Misalnya saja memakai kalimat “Diskon 80%”, “Beli 1 Gratis 2”, dan sebagainya.

4. Menulis Kalimat yang Menyentuh

Beberapa iklan yang sukses juga kerap kali menggunakan kalimat yang menyentuh yakni yang melibatkan emosi. Misalnya “Sisihkan sedikit untuk memberi pada banyak orang.”

5. Menyampaikan Keunggulan Produk

Penyusunan kalimat di dalam iklan sebaiknya juga menyampaikan keunggulan produk atau jasa. Sehingga iklan tersebut menyampaikan pesan yang memang bisa disebut iklan, yakni memasarkan produk atau jasa tersebut.

6. Sampaikan Sebuah Solusi Mutakhir

Semua orang tentu suka dengan solusi atas masalah yang dihadapi. Jadi susun kalimat iklan yang menawarkan solusi terbaru atau mutakhir. Sampaikan secara jelas solusi yang ditawarkan oleh produk atau jasa yang dipasarkan.

Menyusun kalimat iklan sama artinya menyusun kalimat ajakan, dan bisa diartikan pula sebagai kalimat perintah. Semakin unik dan menarik kalimat persuasif yang disusun, maka iklan yang dibuat akan semakin mudah diingat oleh masyarakat. Selamat mencoba, ya!

Yuk, baca artikel lainnya seputar entrepreneurship!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *