Jenis-Jenis Iklan Online yang Harus Kamu Ketahui untuk Mendatangkan Profit

jenis jenis iklan online yang harus kamu ketahui untuk mendatangkan profit

Dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, kini ada banyak pilihan untuk menghasilkan profit, baik secara online maupun offline. Salah satu pilihan terbaik untuk mengiklankan usaha atau produk kamu ialah melalui sistem iklan online. Ada beragam jenis-jenis iklan online yang bisa mendatangkan profit besar.

Nah, apakah kamu sudah mengetahui tentang jenis-jenis iklan online yang yang berpotensi sebagai sumber penghasilan ini? Berikut ini adalah beberapa jenis iklan online yang layak untuk dipertimbangkan dan dicoba.

Jenis-Jenis Iklan Online Untuk Raup Keuntungan

Ada banyak jenis iklan online yang kini dianggap bisa menghasilkan keuntungan secara finansial. Berikut adalah beberapa jenis iklan yang paling sering digunakan dan berpeluang untuk mendatangkan profit besar.

1. Paid Social

Ini adalah jenis iklan online yang dapat dengan mudah ditemui di media sosial. Baik itu di twitter, instagram, youtube, dan lain sebagianya. Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial, maka semakin banyak pula peluang orang yang melihat produk kamu dan sebagian di antaranya mungkin saja mempertimbangkan untuk membeli produk.

2. Paid Search

Prinsipnya sama seperti iklan online jenis paid social, akan tetapi iklan jenis paid search memiliki cakupan yang lebih luas. Karena iklan ini akan muncul di mesin pencari seperti Google.

Iklan ini akan muncul berdasarkan kata kunci yang diketikkan oleh konsumen. Oleh karena itu, menentukan kata kunci yang paling sering dicari sangat penting, supaya iklan online kamu bisa dengan mudah muncul di mesin pencari.

3. Video Marketing

Jenis iklan online ini sering kamu temukan di televisi atau channel Youtube. Efek visual yang ditampilkan oleh video marketing ini dianggap sebagai jenis iklan online yang paling efektif di antara jenis-jenis iklan online yang lainnya.

Ada beberapa macam konten yang bisa ditampilkan dalam video marketing. Contohnya, video produk, tutorial cara penggunaan produk, video kampanye kegiatan sosial, review, testimoni, dan masih banyak lagi.

4. Email Marketing

Banyak perusahaan dan institusi resmi yang menggunakan email sebagai sarana untuk berkomunikasi. Sehingga banyak yang menggunakan media email sebagai iklan online yang dianggap lebih efektif daripada hanya disebarkan di media sosial.

Selain itu, iklan online melalui email marketing juga dianggap lebih personal dan memiliki kemungkinan tinggi untuk dibaca secara lengkap. Sehingga calon konsumen akan mampu mengetahui produk secara utuh dan peluang pembelian produk bisa meningkat.

5. Remarketing

Satu dari sekian banyak jenis-jenis iklan online ini juga dikelola oleh Google. Prinsip dari remarketing adalah menampilkan riwayat pencarian yang telah kamu lakukan di pencarian yang kamu lakukan selanjutnya.

Sebagai contoh, hari ini kamu sedang mencari produk handphone terbaru dan tertarik untuk menelusuri sebuah merk tertentu. Walaupun pada akhirnya kamu menutup halaman pencarian merk handphone tersebut, mungkin kmau akan tetap menemui iklan tentang merk handphone tersebut di situs tertentu, walau kamu tidak berniat mencari tahu tentang merk handphone itu lagi.

Adapun tujuan utama dari iklan online jenis remarketing ini adalah untuk mempertahankan niat konsumen yang sudah tertarik pada suatu produk. Sehingga walaupun ia belum tertarik untuk membeli sekarang, kemungkinan ia akan membelinya di waktu yang akan datang.

Itulah jenis-jenis iklan online yang bisa kamu gunakan untuk mendatangkan profit besar. Dengan memilih jenis iklan online yang tepat, maka potensi keuntungan tambahan melalui peningkatan penjualan sangat mungkin bisa didapatkan. Jadi, mana jenis iklan yang masuk dalam daftar rencana yang akan kamu gunakan untuk memasarkan usaha?

Yuk, baca artikel lainnya seputar entrepreneurship!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *