Tips dan Trik Membentuk Personal Branding

Jikalau mendengar istilah ‘brand’ saat ini tidak hanya mengacu pada sebuah perusahaan saja, tetapi dapat mengacu pada individu juga. Setiap individu memiliki ciri khas karakternya masing-masing atau dapat kita sebut sebagai ‘personal branding’.

Personal branding berguna untuk menunjukan siapa dirimu dalam perspektif orang lain, bagaimana orang lain mengenal dirimu dengan citra individu yang kamu bangun, serta ketika kamu hendak memasuki dunia profesional seperti melamar kerja, tentu pihak perusahaan yang kamu lamar akan mencari tahu siapa dirimu melalui media sosial

Jadi, apakah kamu sudah memiliki personal branding yang baik? Jangan khawatir jikalau kamu belum merasa demikian. Yuk memulai membangun personal branding, berikut hal yang harus kamu lakukan untuk memulai.

 

Kenali dirimu

Mulai dari mengenal dirimu sendiri, seperti apa citra yang kamu tampilkan kepada orang lain selama ini, hal apa yang harus ditingkatkan untuk diri sendiri. Coba minta opini orang terdekatmu mengenai bagaimana personal branding kamu selama ini.

Buat tujuan untuk dirimu sendiri

Mengenal dirimu sendiri memang tidak sebentar, tapi coba untuk susun apa tujuan dari dirimu, citra seperti apa yang ingin kamu tampilkan kepada orang lain dan tentunya mulai dari sesuatu hal yang kamu suka. Jadi diri sendiri karena inti dari personal branding adalah menampilkan citra dirimu sendiri dengan hal yang kamu sukai.

Eksekusi!

Setelah melalui proses mengenali dirimu sendiri dan membuat tujuan, yuk lakukan! Perhatikan bagaimana cara kamu membentuk brand untuk diri sendiri, dan minta pendapat orang terdekat bagaimana kamu menampilkan citra dirimu kepada orang lain.

Berikut merupakan tips singkat bagaimana kamu membentuk ‘personal branding’ untuk dirimu sendiri, jadikan media sosialmu sebagai wadah yang positif dan mungkin nanti kamu bisa memberi manfaat kepada orang lain. Tampilkan citra terbaik dari dirimu dan tetap menjadi diri sendiri ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *