Waspada! Perhatikan Dulu Cara Tepat Pasang Iklan di Google agar Tidak Merugi!

cara pasang iklan di google

Jika ingin menjalankan promosi online maka keputusan untuk pasang iklan di Google dijamin langkah yang tepat. Sebab Google sampai detik ini masih mengisi peringkat pertama sebagai mesin pencari dengan banyak pengguna. Sehingga beriklan di perusahaan mesin pencari raksasa ini akan lebih mudah menyentuh target pasar.

Hanya saja beriklan di Google tidak selalu berjalan mulus, masih banyak yang komplain mengenai besarnya biaya yang dikeluarkan namun tidak sepadan dengan pendapatan yang dihasilkan. Mengapa bisa demikian? Padahal, beriklan secara digital diklaim mampu menghemat biaya namun efektif mendatangkan pemasukan berkali-kali lipat. Simak penjelasan dan solusinya di bawah ini.

Tips Pasang Iklan di Google agar Tidak Merugi

Layanan iklan berbayar dari Google disebut dengan Google Adwords yang lebih familiar disebut sebagai Google Ads. Beriklan di platform ini ternyata tidak asal menaikan iklan dan melakukan pembayaran. Salah-salah modal yang dikeluarkan akan membengkak namun penghasilan yang diterima sangat minim. Simak tips berikut untuk menghindarinya:

1. Belajar di Pengaturan Dasar

Sukses pasang iklan di Google kesempatannya akan terbuka semakin lebar jika paham pengaturan dasar penayangan iklan. Jadi, ketika proses memasang iklan di Google akan ada sejumlah pertanyaan di awal. Jawaban di masing-masing pertanyaan akan menentukan hasil dari iklan ketika sudah ditayangkan.

Jadi, usahakan jangan asal pilih dan asal ada konfirmasi dari Google jika iklan sudah ditayangkan. Sebab ada kemungkinan pengaturan dasar ini keliru dan membuat biaya membengkak dengan hasil miris. Misalnya saja mengatur lokasi dimana iklan ditayangkan, jika produk dan layanan sifatnya lokal tidak perlu sampai ditayangkan di seluruh Indonesia.

Sebab semakin banyak yang melakukan klik pada iklan kamu, maka disitu sudah muncul biaya. Padahal orang klik iklan belum tentu tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Apalagi jika pasang iklan di Google ini asal tampil tanpa memperhatikan kesesuaian karakter dari pengguna Google yang melihatnya.

2. Iklan Disesuaikan dengan Landing Page

Pernah mendengar istilah clickbait? Istilah ini cukup populer lewat penggunaan judul yang menggoda namun dengan isi konten yang kosong alias mengecewakan. Bisa jadi apa yang ada di judul tidak disampaikan sama sekali di dalam konten.

Hal ini juga bisa terjadi di Google Ads, sehingga jumlah klik banyak namun yang berujung closing sangat sedikit. Usahakan antara judul, deskripsi, dan isi landing page sesuai untuk memastikan orang yang klik iklan adalah orang yang memang butuh isi iklan kamu.

3. Menentukan Target Kata Kunci yang Tepat

Memasang iklan di Google tersedia fasilitas pencocokan kata kunci, jadi ada pilihan apakah memakai kata kunci murni cocok atau sebagian saja. Jadi misalnya saja kamu ingin beriklan memakai kata kunci “Jual Teh Hijau”, dan memilih kecocokan murni. Maka iklan baru akan ditampilkan Google Ads ketika ada orang yang mengetik kata kunci tersebut secara utuh.

Sedangkan jika sebaliknya, maka ketika orang mengetik kata “jual teh”, “teh hijau”, dan kalimat lain yang satu atau dua kata ada di kata kunci yang dibidik. Maka iklan akan ditayangkan. Lebih aman yang mana dari segi budget? Jika ingin mengontrol budget maka kata kunci murni lebih dianjurkan, agar semua yang klik iklan memang tertarik dengan konten iklan kamu.

4. Mulai dari Anggaran Kecil

Melakukan pasang iklan di Google dianjurkan untuk memulai dari anggaran kecil, yakni memasang biaya per klik yang murah dulu. Kamu bisa mulai dari nominal Rp200 per klik dan bisa juga mencapai puluhan sampai ratusan ribu per klik. Namun untuk awal-awal, nilai klik kecil lebih aman untuk anggaran sembari mengamati efektivitas dari iklan itu sendiri.

Itulah penjelasan cara memasang iklan di Google agar tidak merugi. Jadi pastikan sebelum memutuskan memasang, kamu sudah paham tata cara pemasangan yang benar. Semga bermanfaat!

Yuk, baca artikel lainnya seputar entrepreneurship!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *