Simak 5 Tips Jualan Online yang Harus Diketahui Agar Mendatangkan Profit!

simak 5 tips jualan online yang harus diketahui agar mendatangkan profit

Halo, YOTers! Menjalankan bisnis sama seperti menanam sebuah benih tumbuhan. Harus dilakukan dengan sabar dan telaten, agar berbuah manis. Saat ini, bisnis online menjadi pilihan bagi mereka yang baru memulai bisnis. Asalkan mengikuti tips jualan online berikut ini, pastinya kamu pun bisa memulai sendiri bisnis online kamu.

Tips Jualan Online Untuk Profit Menjanjikan

Mendapat profit, baik utama maupun tambahan, tentu menjadi latar belakang mengapa seseorang mau memulai bisnis online. Simak tips berikut ini agar bisnis online yang dilakukan berpeluang menghasilkan banyak keuntungan:

1. Produk

Tentunya, kamu harus memiliki produk yang akan dijual terlebih dahulu. Mungkin memang produk yang kamu jual sudah memiliki banyak pesaing di luar sana. Itu sebabnya, produk harus memiliki nilai lebih, yaitu nilai yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Selain nilai secara produk, kemasan produk juga memiliki pengaruh dalam menentukan laris atau tidaknya produk. Usahakan agar membuat produk dengan kemasan yang menarik, serta sesuai dengan visi dan misi usaha kamu.

Jika kamu belum memiliki produk sendiri, takada salahnya mencoba untuk menjadi re-seller terlebih dahulu. Karena, sebagai re-seller, kamu akan menjual produk yang sebenarnya sudah memiliki posisi di pasaran. Tinggal bermain dengan harga yang bersaing saja.

2. Platform

Karena bisnis yang dimaksud adalah bisnis online, maka kamu harus bisa memanfaatkan tips jualan online berikutnya, yaitu memanfaatkan e-commerce. Saat ini, tersedia begitu banyak lapak digital yang bisa kamu kelola hanya melalui perangkat komputer maupun smartphone.

Marketplace merupakan platform yang sangat menjanjikan untuk memulai bisnis kamu. Pasalnya, sudah terdapat begitu banyak pengguna yang mencari barang kebutuhan di sana. Dengan demikian, produk kamu akan mempunyai kans yang lebih besar untuk dikenali banyak pelanggan.

Selain itu, platform sosial media juga sangat dianjurkan untuk menjadi media promosi produk kamu. Sebisa mungkin, jangan satukan akun sosial media pribadi dengan akun bisnis online kamu. Instagram dan Facebook adalah platform yang baik untuk bisnis online, karena bisa memadukan visual dan tulisan.

3. Iklan

Tips jualan online berikutnya adalah memasang iklan. Ada beberapa tujuan melakukan promosi produk kamu melalui iklan. Yang pertama, tentu saja untuk mempercepat perputaran bisnis kamu. Namun, ada juga iklan yang ditujukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada halaman sosial media atau website kamu.

Ada banyak pola iklan di dunia digital saat ini. Harganya pun sangat beragam. Jika kamumemiliki budget terbatas untuk aktivitas beriklan, maka pilih paket iklan yang paling terjangkau. Sebab, iklan yang paling sederhana pun dapat memberikan dampak yang positif untuk perputaran bisnis kamu di dunia digital.

4. Mudah Dihubungi

Kamu harus senantiasa dihubungi oleh para pelanggan. Untuk itu, sediakan satu nomor telepon khusus untuk dijadikan pusat layanan pelanggan. Lebih baik lagi jika menyiapkan beberapa nomor, dengan tujuan yang berbeda. Sehingga, pelanggan akan tahu ke mana harus menghubungi sesuai masalah yang ingin diutarakan.

5. Kelola Keuangan

Dalam menjalankan bisnis, kamuharus bisa memisahkan mana uang pribadi, mana yang merupakan uang untuk perputaran bisnis. Terkadang, kamu perlu membuka rekening khusus untuk menampung keluar masuknya uang dari hasil usaha online.

Dengan demikian, uang tersebut tidak akan terpakai untuk kebutuhan kamu sehari-hari, apalagi pengeluaran yang sifatnya untuk memuaskan nafsu belanja semata.

Itu dia, beberapa tips menjalankan bisnis online. Tips jualan online tersebut cukup penting untuk dilakukan, mengingat tujuan akhirnya adalah mendatangkan profit menjanjikan. Nikmati semua proses dalam berbisnis, dan tuai hasilnya di kemudian hari.

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel seputar entrepreneurship?  Yuk, kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak konten inspiratif dari narasumber berpengalaman? Yuk, bergabung di Premium Member Young On Top di sini!

Yuk, baca artikel lainnya seputar entrepreneurship!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *