Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Pemula

cara menggunakan facebook ads untuk pemula

Halo, YOTers! Melihat perkembangan Facebook di Indonesia yang sangat pesat, yakni terlihat dari jumlah pengguna hingga ratusan juta. Tentu membuat media sosial satu ini dilirik para pebisnis untuk memanfaatkannya sebagai kanal bisnis. Facebook pun seolah memahami efek positif dari kepopulerannya yang kemudian menyediakan fitur Facebook Ads, yakni fitur iklan berbayar. Lantas, bagaimana cara menggunakan Facebook Ads tersebut? Simak dulu ulasan berikut.

Apa yang Dimaksud dengan Facebook Ads?

Sebelum menggunakan layanan Facebook Ads, kenali dulu pengertian dari fitur iklan berbayar satu ini. Facebook Ads sendiri merupakan media untuk beriklan bagi target pasar yang juga menjadi pengguna dari Facebook. Sebab iklan berbayar yang diatur dan dikelola akan ditampilkan di beranda maupun sidebar penggunanya.

Meskipun ruang lingkup tampilnya iklan hanya sebatas pada pengguna Facebook, namun efeknya sangat besar. Bisa demikian karena jumlah pengguna Facebook sendiri di Indonesia mencapai ratusan juta orang. Sehingga nyaris tiga perempat populasi di Indonesia memiliki akun di media sosial ini. Kesempatan dikenal luas dan terjadi peningkatan omset pun terbuka lebar.

Detail Cara Menggunakan Facebook Ads

Supaya iklan di Facebook Ads bekerja secara efektif dan mendatangkan profit, maka kenali dengan baik bagaimana cara menggunakan Facebook Ads tersebut. Berikut tata caranya:

1. Membuat Page

Langkah pertama untuk bisa menggunakan layanan Facebook Ads adalah memilih page atau halaman khusus bisnis. Maka pastikan sudah membuatnya, yakni dengan membuka menu “Facebook Pages” dan tinggal mengikuti instruksi yang ditampilkan Facebook.

2. Buka Laman Facebook Ads Manager

Setelah membuat page atau halaman bisnis maka langkah selanjutnya adalah membuka halaman Facebook Ads Manager. Sebab disinilah terdapat fitur pengatur iklan.

3. Buka Menu Kampanye

Setelah masuk ke halaman Facebook Ads Manager maka bisa mencari menu Kampanye. Selanjutnya bisa memilih tombol “Buat Iklan” untuk langsung terhubung ke halaman pengaturan iklan.

4. Lakukan Pengaturan Sesuai Kebutuhan

Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan iklan sesuai dengan kebutuhan. Dimulai dengan menentukan tujuan iklan, apakah untuk memperkenalkan brand atau untuk membangun interaksi dengan pengguna Facebook. Selanjutnya adalah memilih jenis iklan dan terdapat dua pilihan, yakni jenis Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Bagi pemula lebih aman memakai Pengoptimalan Anggaran karena untuk Uji Split biasanya memakan anggaran dua kali lipat.

Selesai menentukan jenis iklan maka bisa langsung memberi nama iklan dan tentunya bebas sesuai selera maupun kebutuhan. Baru kemudian memilih arah iklan bermuara, apakah ke kontak WhatsApp, website perusahaan, maupun yang lainnya. Kemudian setting tampilkan promo dengan menggeser tombol on yang tersedia.

Berikutnya adalah menentukan target dari akun yang akan melihat iklan tersebut, dan bisa diatur sesuai target pasar yang sudah ditentukan di awal. Pengaturannya dimulai dari umur, jenis kelamin, dan juga lokasi. Setelahnya bisa melakukan pengaturan tampilan iklan, dianjurkan untuk memilih “Penempatan Otomatis:. Sebab akan dibantu Facebook untuk menentukan tempat terbaik iklan ditampilkan.

Berikutnya adalah mengatur jadwal iklan tayang, bisa beriklan hanya sehari saja atau lebih. Khusus untuk pemula akan lebih baik diatur sebulan, sebab tidak terlalu singkat dan tidak pula sebaliknya. Selanjutnya membuat teks atau kalimat iklan dan mengunggah gambar iklan, pastikan sesuai ketentuan Facebook agar iklan disetujui dan langsung ditayangkan.

Detail pengaturan iklan di Facebook pada dasarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, karena dijamin pengaturan antara satu brand dengan brand lain akan berbeda. Inti dari cara menggunakan Facebook Ads adalah seperti yang dijelaskan di atas. Kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan, termasuk untuk anggaran. Sebab di Facebook Ads, kamu bebas mengatur biaya klik berapa.

Yuk, baca artikel lainnya seputar entrepreneurship!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *