“SUPERMAN” IS DEAD

Halo Yoters, sekarang sudah bukan jamannya sebuah perusahaan ataupun organisasi hanya mengandalkan satu orang pemimpin untuk menyelesaikan semua masalah, seperti halnya SUPERMAN yang serba bisa didalam film yang biasa kita tonton, punya kekuatan super, punya penglihatan super serta semua kemampuan super lainnya.

Sekarang sudah bukan jamannya lagi seorang leader harus selalu terbebani dengan kewajiban memecahkan teknis masalah, memotivasi team, menjadi satu satunya sumber ide, tau segala hal, dan menjadi satu satunya sumber energi untuk semua timnya.

Gak bakal mungkin lagi tim hanya menunggu perintah atasan, nunggu dikasih tugas, nunggu dikembangkan atasan, serta semua hal “menunggu-menunggu” lainnya,  apalagi cuma nyalahin atasan terus bilang kalo sesuatu terjadi “ya bos gw nya sih begitu.” padahal pekerjaan tim adalah salah satu tanggung jawabnya juga. Bakal susah banget kalau cuma satu orang leader saja yang paling pinter sendiri di dalam tim, apalagi merasa senang ketika bawahan meminta arahan, merasa nggak punya waktu memandirikan tim, nggak punya waktu membangun hubungan dengan tim dan nggak sadar pelan pelan leader membuat timnya jadi beban.

Sekarang ini ada istilah Leadership Followership Transformation, yaitu pendekatan transformasi kepada leader dan juga follower. jadi bukan hanya leader saja yang menjadi komponen untuk mencapai sebuah kesuksesan, tetapi juga interaksi antar leader dan follower yang saling menguatkan dan bukan bergantung kepada salah satunya saja. seperti hal nya kereta api ataupun bus gandeng, hubungan antara leader dan follower harus berkembang menghasilkan interaksi positif yang berfungsi seperti halnya mesin motivasi, metode memecahkan masalah, energi kerja, dan komitmen dalam menjalankan tugasnya masing masing.

Seharusnya, mengembangkan kualitas leader / pemimpin dibarengi dengan mengembangkan tim nya juga, kedua program pengembangan ini perlu berjalan beriringan,  kalau pengembangan hanya kita fokuskan kepada mengembangkan kualitas pemimpin saja, maka akan ada gap kualitas antara pemimpin dan tim yang ujung-ujungnya hanya akan membuat beban bagi pemimpin nya juga.

Pemimpin yang sudah memiliki visi dan arah yang jelas maka akan membutuhkan tim yang mendukung pemimpin mencapai visi dan arahnya bersama sama. Pemimpin yang sudah mampu mengambil keputusan maka tim juga harus dapat memberikan opsi yang tepat, data yang akurat, analisa yang mendalam dan strategi pemecahan masalah yang komprehensif, pemimpin yang mampu melakukan eksekusi, maka harus dibarengi dengan tim yang disiplin dalam menjalankan eksekusi, bukan hanya menunggu monitoring dari atasan.

Pemimpin yang sudah mampu melakukan transformasi, maka harus dibarengi dengan kualitas tim yang tangkas dalam bekerja dan siap mendukung transformasi,  bukannya malah melakukan perlawanan atau resistensi terhadap perubahan, sehingga bawahan jadi beban yang harus dipikirkan oleh pemimpin.

Jadi antara pemimpin dan tim harus bersinergi secara terus menerus dan bertransformasi

 

Salah satu penguat hubungan pemimpin dan pengikutnya adalah proses coaching. Pemimpin diharapkan dapat memandirikan, mengembangkan, memunculkan motivasi internal timnya sehingga timnya dapat mengeluarkan potensi maksimal dalam dirinya. Pemimpin harus terus belajar bersama teamnya tentang hal-hal yang baru, termasuk pengetahuan baru yang berasal dari timnya, sehingga terjadi interaksi antara keduanya.

Cara kerja tersebut perlahan akan membuat tim bertumbuh dan mandiri melalui sesi sesi coaching dengan atasannya. Ide ide dari tim akan dapat berkembang, kepercayaan diri dari tim akan terus bertambah dan semakin mandiri, dengan demikian semua solusi akan muncul dari hasil analisa yang mendalam. Tim akan belajar dan bertumbuh dari interaksi dengan pemimpinnya, dengan demikian akan semakin terbiasa memberi solusi, terbiasa belajar hal baru, dan terbiasa untuk mempertahankan motivasi dalam diri.

Jadi…  Super Team akan terbentuk dan menghasilkan kinerja tim yang tinggi apabila semua fungsi yang ada didalamnya telah bersinergi dan bertransformasi bersama.

semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *