Kenapa sulit untuk melupakan masa lalu?

Mungkin sebagian dari kita sedang mengalami masalah ini. Mungkin kita baru aja diputusin sama pacar, atau dimasa lalu kita mengalami suatu hal yang buruk sehingga kita ingin sekali melupakannya. Tapi pertanyaannya, kenapa sih sulit sekali untuk melupakan masa lalu?

Jawabannya adalah karena untuk melupakan sesuatu kita harus munculin dulu sesuatu itu di ingatan kita, baru dilupakan. Nah, problemnya adalah karena kita munculin dulu sesuatu itu, yang ada malah kita semakin ingat dengan hal itu, “Oiya ya dia nyebelin banget”, “Oiya ya dia mutusin aku”. Maka dari itu sulit untuk melupakan masa lalu.

Nah kalo kita ada masalah dengan masa lalu, yang bisa kita lakukan adalah Forgiveness Therapy. Ini adalah sebuah teknik yang membutuhkan konsistensi dan niat yang kuat karena sebisa mungkin kita harus melakukannya secara rutin sampai kondisi kita membaik.

Berikut tahapan dari Forgiveness Therapy yang bisa kita coba :

  1. Buatlah list orang yang mau kita maafkan.
  2. Carilah tempat yang nyaman, atur pernafasan, dan rileks kan tubuh kita.
  3. Mulai dari list orang pertama. Coba bayangkan, rasakan, dan dengarkan seolah-olah dia ada di hadapan kita. Kemudian katakan padanya “(nama orang tersebut), maafkan aku. Apapun kesalahanmu, itu udah terjadi, yang bisa kita lakukan hanya perbaiki. Aku telah memaafkan semuanya”. Bayangkan orang tersebut tersenyum, mengangguk lalu pergi. Coret list orang pertama tadi dari daftar kita, kemudian ukur skala intensitas emosi kita dari skala 0-10. Bandingkan dengan intensitas sebelum kita melakukan ini.
  4. Ulangi langkah nomor 3 hingga semua orang di daftar kita udah dicoret.
  5. Tutup sesinya dengan rasa dan ucapan syukur.

Jadi masa lalu itu bukan dilupakan, tapi kita buat supaya ketika kita mengingatnya, masa lalu tersebut udah gak ada rasanya lagi. Contohnya, misalkan istri kita sekarang adalah pacar kita yang ke-10. Kalau kita ingat-ingat lagi pacar kita yang pertama, masih ada rasanya gak? Nah, mungkin udah gak ada rasanya dan itulah yang kita cari.

Referensi : https://101mind.com/therapy/forgiveness-therapy/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *