Simak Cara Promosi Channel Youtube Agar Subscriber Bertambah!

simak cara promosi akun youtube agar subscriber bertambah

Pengguna YouTube pada tahun ini masuk dalam tiga yang terbesar di dunia, bersandingan dengan Facebook dan Instagram. Selain digunakan sebagai media aktualisasi konten pribadi, YouTube juga diketahui manjur sebagai sarana promosi digital. Tidak heran rasanya banyak yang mencari cara promosi channel YouTube

Namun, masih banyak yang belum benar-benar mengetahui bagaimana cara promosi channel YouTube. Akibatnya jumlah penontonnya susah naik, begitu juga angka subscriber yang berada di level itu-itu saja.

Kamu mengalami kendala ini? Jika iya, maka sebenarnya ada banyak cara promosi channel YouTube yang bisa digunakan untuk mendongkrak eksistensi YouTube kamu, sehingga membantu meningkatkan jumlah subscribernya.

4 Cara Promosi Channel YouTube untuk Menambah Subscriber

Memilih cara promosi di YouTube tidak bisa berdasarkan tebak-tebakan saja, melainkan harus berdasarkan analisa algoritmanya. Berikut ini 4 cara promosi di YouTube untuk kamu yang ingin mendongkrak jumlah subscriber.

1. Manfaatkan Penggunaan SEO

SEO atau dikenal juga sebagai Search Engine Optimization merupakan strategi yang memanfaatkan penggunaan kata kunci. Bukan hanya berlaku untuk konten berjenis artikel, ternyata SEO juga bisa diterapkan untuk konten video di YouTube. Caranya adalah dengan menyisipkan kata kunci yang tepat pada bagian judul, deskripsi video, dan penggunaan hastag.

Pengaplikasian kata kunci sangat membantu channel kamu untuk muncul di hasil pencarian penonton. Karena itulah teknik SEO sangat dianjurkan bagi channel baru, sebab dengan ini pengguna baru bisa bersaing dengan pengguna lama dengan subscriber lebih banyak.

2. Strategi Giveaway

Strategi giveaway merupakan salah satu yang paling viral di Indonesia saat ini. Penggunaan giveaway kerap dilakukan untuk menambah waktu tayang, sekaligus mendongkrak angka subscriber aktif. Ini sebabnya mengapa channel YouTube yang baru menetas kerap disarankan untuk menggunakannya.

Pemberian hadiah atau giveaway ini terbukti mampu meningkatkan ketertarikan penonton untuk mengunjungi channel YouTube kamu. Namun yang harus kamu tekankan adalah giveaway hanya berlaku bagi subscriber aktif saja, dalam artian hanya mereka yang aktif memberikan like, komentar dan berbagi konten sajalah yang bisa memenangkan hadiahnya.

3. Kolaborasi

Cara promosi channel YouTube selanjutnya untuk menaikkan subscriber adalah dengan menumpang pada channel YouTube lain yang memiliki subscriber lebih banyak. Namun tentu saja tumpangan ini tidak cuma-cuma ya, melainkan berisi kerjasama yang seimbang. Sehingga kemunculan akun kamu nantinya bukan sekedar angin lalu saja.

Kolaborasi juga sampai sekarang diyakini menjadi cara tepat untuk memperkenalkan channel YouTube kepada penonton. Sekaligus membangkitkan ketertarikan mereka untuk melakukan subscribe, disebabkan karena materi yang dianggap cocok dan menarik.

4. Memanfaatkan Penggunaan Iklan

Cara promosi ampuh selanjutnya adalah menggunakan iklan berbayar. Strategi yang satu ini memang memiliki keunggulan daripada yang lainnya, disebabkan karena kostumisasinya yang tinggi, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Oleh sebab itu hasil promosinya juga bisa lebih efektif dan tepat pada sasaran.

YouTube memiliki fitur promosi yang memungkinkan tiap pengguna memesan spot iklan di bagian-bagian tertentu, layaknya di beranda YouTube, di konten secara penuh, hingga iklan kolaborasi yang disatukan dengan iklan lainnya. Semua jenis ini kemudian bisa diatur target dan sasarannya, berdasarkan demografi pengguna yang dimiliki oleh YouTube.

Menggunakan cara ini sangat ampuh untuk menggaet penonton, sebab kamu mampu ‘memaksa’ penonton untuk melihat iklan mengenai channel kamu. Bukan hanya itu, YouTube juga memberikan kesempatan bagi pengguna jasa periklanannya untuk bisa tampil dengan durasi yang lebih panjang. Dengan begini kamu bisa memaksimalkan promosi dan konten iklan yang kamu miliki, untuk menarik perhatian para subscriber baru.

Itulah penjelasan mengenai 4 cara promosi channel YouTube terbaik, dalam rangka meningkatkan jumlah subscriber. Intinya adalah kamu harus mampu membidik sasaran dengan konten yang unik, dibarengi dengan pemilihan strategi promosi yang tepat.

Yuk baca artikel entrepreneur lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *