5 Kunci Keberhasilan Beriklan di Facebook

5 kunci keberhasilan beriklan di facebook

Memiliki bisnis online tentunya harus diimbangi dengan kegiatan promosi. Karena platformnya digital, tentunya berpromosi lewat media sosial adalah pilihan terbaik. Beriklan di Facebook menggunakan Facebook Ads adalah salah satu jurus jitu mengembangkan bisnis online kamu.

Beriklan di media sosial seperti Facebook memang memiliki banyak kelebihan. Meski banyak yang berhasil, nyatanya juga banyak orang yang gagal memaksimalkan peluang beriklan menggunakan Facebook Ads.

Kunci Sukses Menggunakan Facebook Ads

Lalu, bagaimana jurus jitu memaksimalkan Facebook Ads untuk mempromosikan bisnis kamu? Simak beberapa jurus jitu berikut ini:

1. Tujuan

Segala hal yang baik tentu harus memiliki tujuan yang jelas. Begitu juga dengan beriklan di Facebook, kamu pun harus memiliki tujuan yang tepat. Ketika mendaftarkan diri ke Facebook Ads, kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan tujuan beriklan.

Pilihan tersebut adalah untuk memperbaiki prestasi penjualan, menambah pengikut di halaman media sosial kamu, atau sekadar mendapatkan banyak like. Facebook Ads menyortir pilihan tersebut ke dalam 3 kategori yang disebut dengan Kesadaran, Pertimbangan, serta Konversi.

Masing-masing kategori tersebut pun terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang spesifik. Sebagai contoh, kamu ingin menambah penjualan untuk produk kamu. Jika demikian, kamu bisa memilih Konversi, lalu penjualan katalog sebagai pilihan spesifiknya.

2. Target

Langkah berikutnya, kamu harus menentukan siapa target konsumen yang ingin kamu tuju. Caranya sederhana. Buat saja target yang sesuai dengan produk kamu. Sebagai contoh, kamu menjual produk pakaian trendy untuk wanita berbagai usia.

Jika demikian, target bisa diatur untuk menyasar kaum wanita dengan rentang usia yang cukup lebar, menyesuaikan dengan koleksi pakaian yang dimiliki. Kemudian, atur juga lokasi yang diinginkan. Yang paling baik adalah menyasar target yang satu domisili dengan kamu.

Jika kamu ingin cara yang lebih sederhana dalam mendeteksi target pengguna Facebook yang tepat, kamubisa menggunakan Facebook Pixel. Cara kerjanya mirip dengan apa yang dilakukan oleh Google Analytic, yakni merekam aktivitas pengunjung sebuah situs lewat Facebook.

3. Konten

Sekarang, saatnya kamu membuat konten promosi. Supaya berhasil dalam beriklan di Facebook, kamu juga harus mempersiapkan material promosi yang menawan. Bagi para pengunjung Facebook, konten dalam bentuk visual dirasa lebih menarik untuk dilihat.

Kombinasikan desain iklan kamu dengan kalimat caption yang menggaet pembeli. Untuk bisa melakukannya, kamu harus memastikan bahwa ada relevansi antara iklan dengan deskripsinya. Sebisa mungkin harus langsung tertuju pada hal yang dimaksud.

Judul iklan menjadi peluru utama untuk menggaet audiens. Mengingat, judul adalah bagian pertama yang pasti dilihat oleh audiens. Kombinasikan kata-kata yang memikat, dengan fakta tak terduga, hingga kalimat yang menggambarkan solusi untuk audiens.

4. Jadwal dan Anggaran

Beriklan di Facebook juga bisa dijadwalkan. Dengan demikian, kamu bebas mengatur kapan iklan akan tayang. Bisa juga disetel dengan berlandaskan data dari Facebook Pixel pada poin di atas, untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk beriklan, khususnya ketika traffic sedang tinggi.

5. Maksimalkan Fitur

Facebook Ads memiliki beragam fitur menarik guna memudahkan kamu saat menggunakannya. Misalnya Custom Audience yang berguna untuk menyaring pelanggan yang memiliki akun Facebook. Kemudian ada Retargeting, yang bisa memilah pengunjung website kamu, sehingga akan menampilkan iklan kamu ketika mereka membuka Facebook.

Fitur yang mungkin paling hebat adalah Conversion Tracking. Fitur ini dapat membantu kamu untuk mengetahui apa yang dilakukan orang-orang terhadap iklan kamu. Misalnya, berapa orang yang melakukan pembelian, berapa orang yang memesan, dan sebagainya.

Itu dia beberapa jurus jitu beriklan di Facebook. Maksimalkan semuanya, dan kamu bisa melejitkan bisnis lewat media sosial, khususnya Facebook.

Yuk, baca artikel lainnya seputar entrepreneurship!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *