Work From Home Netiquette

Halo, YOTers! Pandemi Covid-19 sudah melanda Indonesia sejak Maret 2020, ga nyangka yaa sudah hampir 2 tahun kita harus beradaptasi dengan perubahan baru yang sangat cepat.

Mulai dari kerja yang biasanya dilakukan secara offline, terpantau oleh atasan dan ga banyak distraksi dari keadaan sekitar. Sampai akhirnya pandemi mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan sistem work from home (WFH) atau bekerja dari rumah, ga semua memiliki ruangan khusus atau fasilitas yang mendukung untuk melakukan WFH.

Sebelumnya, perlu YOTers pahami bahwa Netiquette (Internet Etiquette) merupakan cara berkomunikasi atau berinteraksi secara online. Kenapa Netiquette penting?

Karena seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi merupakan bagian yang sangat berpengaruh dalam perusahaan, dengan sistem WFH akan lebih sulit untuk memahami apa yang disampaikan, ekspresi ataupun emosional dari rekan kerja kita. Kesalahan komunikasi dapat menghambat pertumbuhan kinerja karyawan dan berdampak pada perusahaan lho, YOTers!

Lalu, apa aja sih manner atau etiquette yang ada dalam internet? Yuk, langsung aja kita bahas!

1). Remember the human

Walaupun kita berkomunikasi dengan device ataupun gadget, YOTers perlu ingat bahwa yang diajak berkomunikasi merupakan manusia yang memiliki hati bukan sekedar robot ataupun karakter.

Jadi, perhatikan dan pikirkan apa yang mau dituliskan atau dibicarakan pada rekan kerja kita yaa YOTers!

2). Adhere the same standard of behaviour

Perlakukan seseorang di internet sesuai dengan apa yang akan kita lakukan pada real life. Maka dari itu kita perlu saling menghargai dan jaga sikap, walaupun hanya berkomunikasi melalui internet.

Hal ini penting diterapkan dalam dunia kerja, karena banyak sekali kasus atasan yang menyepelekan atau tidak menghargai bawahan dengan alasan sistem WFH. Tentu saja hal ini dapat menghambat proses bisnis perusahaan lho, YOTers!

3). Respect other people’s ‘time’ and ‘badwidth’

Nah, ini merupakan salah satu masalah terbesar dalam WFH yaitu waktu kerja yang tidak teratur. Contoh kasus pada WFH yaitu atasan akan menghubungi kapanpun dan memberikan deadline untuk mengirim report kapanpun diluar dari waktu kerja, bahkan pada WFH beberapa perusahaan menghapus working hours. 

Perlu dipahami bahwa saat melakukan WFH tidak semua rekan kerja kita mempunyai bandwidth dan kuota yang sama, maka dari itu kita harus saling menghargai. Kecuali perusahaan menyediakan fasilitas internet untuk tiap karyawannya, dengan hal ini baru perusahaan dapat menyamakan kapasitas bandwidth dan kuota karyawannya.

Seperti yang kita ketahui, server di Indonesia sangat tidak stabil. Walaupun bandwith-nya masih oke, terkadang server-nya yang bermasalah. Tetapi, ada beberapa perusahaan juga yang menyediakan server dari luar negeri yang koneksinya lebih baik.

Maka dari itu, harus saling memahami dan menghargai rekan kerja kita yaa YOTers!

4). Be careful with humor, all caps and exclamation points

Permasalahan yang cukup sepele, tetapi memiliki dampak yang besar ni YOTers!

Hati-hati dalam membuat jokes dan sarkasme, karena ga semua orang mengerti apa yang kita maksud. Takutnya bisa jadi salah paham ni YOTers, karena komunikasi yang dibangun hanya melalui gadget dan kita tidak bisa melihat ekspresi, mendengar intonasi. Jadi, orang bisa bebas mengintrepetasikan ekspresi kita.

Kecuali kita sudah kenal dekat, tau karakternya dan sering ngobrol bareng baru kita bisa buat lelucon atau sarkasme yaa, YOTers!

5). Keep it professional and formal

Hal ini berkaitan dengan chat ataupun email, jangan sampai spam dan memakai singkatan yang sulit dipahami atau kurang professional yaa, YOTers!

Perlu dicatat, saat mengirim email harus menggunakan bahasa formal dan mudah dipahami.

Saat melakukan meeting-pun kita harus menyalakan kamera, menggunakan pakaian yang sopan dan memastikan bahwa ruangan mendukung serta microfon dapat digunakan. Hal ini sebagai bentuk menghargai kepada pimpinan ataupun rekan kerja kita yaa, YOTers!

6). Be forgiving

Nah, ga semua orang mengetahui etika berkomunikasi secara online atau netiquette lho YOTers!

Maka dari itu, kalo ada rekan kerja yang belum tau mengenai netiquette jangan mudah marah ataupun emosi. Tapi kita harus memberikan edukasi atau pemahaman yaa YOTers! 

Supaya apa yang dikomunikasikan dapat diterima dengan baik dan jelas tujuannya.

Nah, itu dia etika berkomunikasi secara online atau netiquette pada lingkungan kerja. Jangan lupa diterapkan dan sharing di kolom komentar yuk pengalaman menarik, lucu ataupun yang menyulitkan YOTers selama wfh!

Semangat berkembang, YOTers!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *