Mengenal Berbagai Profesi di Industri Kreatif

Berkembangnya sektor industri kreatif diimbangi dengan meningkatnya kebutuhan Sumber Daya Manusia yang mampu untuk mengisi berbagai kebutuhan yang ada. Tahu gak YOTers, kalau industri kreatif ini juga berperan dalam kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia lho. Berbagai subsektor di dalamnya ialah arsitektur, desain komunikasi visual, film, televisi, radio, musik, seni rupa dan lainnya. Berikut ini kami rangkum beberapa diantaranya berbagai profesi di industri kreatif:

  1. Graphic Designer

Posisi ini memegang peranan penting di dalam sebuah perusahaan lho, YOTers. Karena, graphic designer harus bisa merepresentasikan sebuah brand melalui karya yang dihasilkan. Gak hanya asal pilih warna atau font, tapi ada filosofi di dalamnya. Kemampuan yang dimiliki diantaranya harus menguasai aplikasi bidang grafis seperti Adobe. Nilai plusnya lagi kalau kamu punya portfolio yang banyak sebagai graphic designer.

  1. Content Writer

Untuk kamu yang punya hobi menulis, profesi sebagai content writer saat ini banyak dicari lho. Kamu bisa mengasah skill menulismu sebagai content writer. Kemampuan yang dibutuhkan yakni tentunya kamu harus bisa menulis yang dibuktikan dengan contoh tulisan kamu di dalam portfolio yang kamu miliki.

  1. Social Media Officer

Saat ini media sosial berperan penting dalam meningkatkan brand awareness. Sehingga dibutuhkan juga orang yang mampu mengelola strategi melalui berbagai platform media sosial. Nah, untuk kamu yang memiliki ketertarikan dengan bidang ini, kamu juga harus menguasai trend digital marketing dan advertising serta analytics.

  1. Website Designer

Sesuai dengan namanya, pastinya kamu juga tahu secara garis besar mengenai job description-nya. Sebagai website designer, kamu harus bisa merancang design website yang menarik dan mudah untuk diakses. Kemampuan yang saat ini banyak dicari ialah yang memiliki kemampuan dalam User Interface dan User Interface (UI/UX) Design.

  1. Creative Director

Seorang creative director berkaitan dengan perencanaan sebuah project. Kalau di televisi, creative director ini menjadi perencana di balik suatu acara. Dibutuhkan ide segar, menarik dan pastinya kreatif untuk mengisi jabatan ini.

  1. Art Director

Seorang art director memiliki tugas dalam merancang konsep atau ide dan sebagai jembatan dari creative director. Tugasnya meliputi perencanaan di bidang pemasaran dan penerbitan.

Itulah berbagai profesi di bidang industri kreatif. Selain yang dijabarkan di atas, masih banyak lagi lho profesinya. Semoga kamu bisa jadi salah satu bagiannya ya!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tulis Komentarmu