Memajukan Kemampuan Wirausaha Pemuda di Indonesia melalui Kegiatan Rocketeer oleh AIESEC in IPB

Bogor, 14 September 2021– Indonesia diproyeksikan akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030, yang berarti usia produktif akan jauh lebih banyak dibanding usia tidak produktif. Hal tersebut harus diikuti dengan adanya lapangan kerja yang cukup untuk mengakomodasi para pencari kerja. Data terbaru menunjukkan bahwa Indonesia hanya memiliki rate of entrepreneurship 1.5% dari seluruh populasi, lebih rendah dibanding rata-rata negara ASEAN lain dengan nilai 4%. Oleh karena itu, AIESEC in IPB mengambil inisiasi untuk meningkatkan kemampuan wirausaha para pemuda di Indonesia, khususnya daerah Bogor. Berbasis SDGs nomor 8, yakni Decent Work and Economic Growth, lahirlah sebuah Virtual Local Project yang diberi nama Rocketeer.

Rocketeer yang dilaksanakan oleh AIESEC in IPB memiliki tiga program utama: Rocketeer Info Session, RockteerHub, dan Rocketeer Case Competition. Rocketeer Info session adalah kegiatan yang memberikan gambaran besar mengenai kewirausahaan di Indonesia, RocketeerHub adalah kegiatan webinar dengan tujuan meningkatkan kemampuan wirausaha para pemuda di Indonesia, dan Rocketeer Case Competition adalah Business Case Competition yang bekerja sama dengan TaniHub untuk menyelesaikan studi kasus seputar pertanian.

Dokumentasi Rocketeer Info Session

Rangkaian Rocketeer dimulai dengan kegiatan Rocketeer Info Session pada tanggal 29 Mei dan ditutup oleh awarding day Rocketeer Case Competition pada tanggal 15 Agustus 2021. AIESEC in IPB sebagai penyelenggara Rocketeer berharap kedepannya seluruh peserta yang tergabung dalam acara ini menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Lebih jauh, AIESEC in IPB berharap agar para peserta rangkaian Rocketeer bisa memajukan perekonomian Indonesia melalui inisiatif mereka di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *