Kopi Kawa Daun, Minuman Unik dari Sumatera Barat

sumber : pixabay.com

Anak muda dan kopi sudah menjadi bagian dalam kehidupan, baik di kota besar maupun di kota kecil. Lihat saja maraknya coffee shop yang menjamur dan berlomba-lomba menyajikan kopi yang beraneka ragam. Tapi tahukah YOTers jika di Sumatera Barat ada minuman kopi yang unik, yang penyeduhannya tidak dari biji kopi tetapi dari daun kopi? Kopi kawa daun namanya.

Kopi kawa daun tidak hanya memiliki rasa yang unik, namun menyimpan cerita sejarah. Ada yang menceritakan bahwa pada jaman kolonial Belanda daerah Sumatera Barat mempunyai daerah perkebunan kopi yang luas, seluruh hasil panen biji kopi yang ditanam oleh petani lokal dikirim ke Belanda. Keinginan masyarakat Minangkabau saat itu untuk menikmati kopi harus dipendam namun akhirnya mereka menemukan cara untuk menikmati kopi dengan menyeduh daun kopi yang telah dikeringkan.  Namun dilansir dari artikel Kompas.com menurut pakar sejarah dari Universitas Andalan Prof Gusti Anan bahwa tradisi meminum kopi kawa daun sudah ada sejak sebelum Belanda datang ke tanah air. Masyarakat Minangkabau saat itu tidak tahu bahwa biji kopi bisa dijadikan minuman.

sumber : jalanbareng.com

Sekarang ini kopi kawa daun akan banyak YOTers jumpai di warung atau kafe pinggir jalan raya jika berkunjung ke Sumatera Barat. Tidak seperti kopi pada umumnya, kopi kawa daun disajikan di gelas batok kelapa dan juga diseduh seperti penyeduhan daun teh. Rasanya unik seperti meminum teh hitam pekat dan beraroma kopi. Apabila YOTers menyukai rasa yang manis bisa ditambahkan gula ataupun susu kental manis. Kopi kawa daun sangat cocok diminum sambil ditemani gorengan pisang atau makanan kecil lainnya.

sumber : medan.kompas.com

Kopi kawa daun ini memiliki khasiat untuk kesehatan juga loh. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa daun kopi memiliki antioksidan lebih tinggi daripada daun teh  hitam ataupun teh hijau sekalipun. Bahkan diketahui pula mangiferin yang dikandungnya dapat bermanfaat sebagai anti inflamasi. Kopi kawa daun juga  bermanfaat mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes.

Tertarik untuk mencicipinya? Jangan lupa untuk berhenti di kedai yang menjual kopi kawa daun jika YOTers berkunjung ke Sumatera Barat.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *