WEBINAR How to Manage Life: Create Best Version of Ourselves Perjalanan self-love dalam Membentuk Pribadi yang Lebih Baik

Malang, 5 September 2021, Perubahan yang begitu cepat akibat kemajuan teknologi mengharuskan manusia untuk dapat menyesuaikan diri dan bersaing dalam lingkungan masyarakat. Apabila seseorang tidak mampu untuk beradaptasi dengan baik, maka akan timbul masalah yang memengaruhi kesehatan fisik maupun psikis. 2 tahun balakangan ini, pandemi COVID memicu berbagai macam tantangan kepada manusia, baik secara kesehatan fisik, tekanan material, kehilangan seseorang atau sesuatu yang berharga, tekanan sekolah dan pekerjaan, serta tekanan dari lingkungan sekitar. Selain itu, banyak berita buruk yang beredar dan hoax yang datang silih berganti juga memengaruhi keseimbangan mental manusia. Munculnya perasaan cemas yang berlebih dan perasaan negatif lainnya akibat masalah dan perubahan di masa pandemi berpotensi meningkatakan beberapa mental illness seperti anxiety, depresi, hingga gejala stress pasca trauma.

Masih banyak Individu yang merasa dibawah tekanan berlebih dan diambang keputusasaan bingung untuk menangani permasalahan tersebut. Mereka bahkan menganggap tidak memiliki sarana untuk menjadi lebih produktif utamanya terhadap kehidupan mereka sendiri.  Oleh karena itu, Young On Top Malang mengadakan Webinar bertema kesehatan mental dengan judul How to Manage Life: Create Best Version of Ourselves yang tujuannya mewadahi masyarakat khususnya dari kalangan usia remaja dan yang beranjak dewasa dalam meningkatkan kesehatan mental dan bagaimana membentuk pribadi yang lebih mencintai diri sendiri (04/9).

Kegiatan ini mengundang seorang yang ahli dibidangnya, Dyah Nurayu Kusumawardani yang saat ini aktif sebagai psikolog di Platform Satu Persen. Narasumber menjelaskan bagaimana pentingnya kesehatan mental sama dengan kesehatan fisik. “Kesehatan mental itu kondisi kesejahteraan ketika seseorang menyadari kemampuannya, menyadari potensinya, mengatahui batas dirinya dan dapat menangani situasi”, ujar Dyah. Lulusan Universitas Indonesia ini juga menambahkan apa saja spectrum kesehatan mental, pentingnya memahami dan menerima diri sendiri serta bagaimana mengembangkan mindset (growth mindset). Hal menarik lain dari sesi webinar kali ini pada saat narasumber memberikan sesi untuk melakukan refleksi diri.

Program ini tidak hanya dihadiri oleh peserta dari luar YOT namun juga dari perwakilan YOT kota lainnya. Brand kosmetik, Inez sebagai sponsorship utama memberikan sedikit penjelasan dan juga voucher menarik untuk pembelian produk. Tak lupa antusiasme peserta yang hadir terlihat saat melakukan sesi tanya jawab dan mengikuti kuis di penghujung acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *