5 Hal Penting Berani Speak Up

Hi YOTers, perkenalkan saya Marca (Martina Cantik) sering disebut sebagai nama dekat. Tulisan ini merupakan tulisan pertama saya yang sangat sulit untuk memulainya, tetapi bisa sampai di poin ini saya merasa hal ini cukup menyenangkan untuk dijadikan hobby baru.

Berbicara tentang berani Speak Up di era sekarang bukan lagi kebebasan berpendapat yang dibatasi, tetapi semua orang diberikan hak yang sama untuk menyampaikan aspirasinya.
Berani speak up di lingkungan komunitas, kampus dan forum debat sering sekali kita lakukan, tetapi kenapa masih ada orang-orang yang tidak berani untuk menyampaikan apa yang mereka pikirkan? dan malah dianggap membunuh karakter seseorang. Menganggap cara pandang yang berbeda dan cetusan yang sering disampaikan saat berdebat kerap sekali menyurutkan niat orang lain untuk menyampaikan ide pikirannya dan beranggapan “Ah, gak berani ntar salah di olok-olok lagi, terus dianggap kurang literasi dan gak dihargai”. Hal tersebut secara tidak langsung mematahkan semangat atau keberanian untuk berbeda pendapat dan menjadikan dirinya sebagai followers dalam setiap keputusan, tepatnya takut untuk salah .

Dalam menyampaikan pendapat tidak ada yang salah dan benar kita hanya perlu menyampaikan sebagai bentuk aspirasi karena kita individu yang hidup berdampingan, akan selalu ada waktu yang mengharuskan kita memberikan pendapat untuk hal-hal yang kita butuhkan dan pikirkan.

Ada 5 hal menurut saya, kenapa kita harus berani speak up, yaitu :

1. Punya Prinsip dan Pandangan Sendiri
Tidak dipandang sebelah mata oleh lawan bicara atau orang lain yang sedang berbeda pendapat dengan kita.

2. Mudah di Ingat dan Terkenal
Seseorang yang berani menyampaikan pendapat pada suatu moment akan lebih mudah di ingat dan di kenal dibandingkan dengan orang lain yang hanya berdiam dan mendengarkan.

3. Menambah Wawasan dan Menemukan Solusi Terbaik
Menambah wawasan atau disebut Open Minded, buah aspirasi yang di jelaskan oleh perseorangan atau kelompok dapat menambah pengetahuan, baik berupa  fakta maupun kebiasaan, serta mampu menemukan solusi terbaik dari beberapa perbedaan pandangan tersebut.

4. Terbiasa dan Menganggap Lumrah
Sering kita mendengar pepatah “bisa ala biasa”, yaitu bisa karena biasa. Jadi, ketika kita untuk pertama sekali berani untuk menyampaikan pendapat, baik itu untuk memberi pertanyaan, sanggahan maupun saran, coba lakukan sesering mungkin dan rasakan manfaatnya. Kebiasaan baik ini akan otomatis dan akan terasa mudah ketika berada di lingkungan yang memungkinkan untuk memberikan pendapat .

5. Punya karakter
Seseorang yang berani untuk speak up, menganggap perbedaan pendapat adalah hal yang biasa, mampu memberikan pandangan yang berbeda, energi baru, akan mudah di ingat dan di kenal sebagai karakter yang baik.

5 hal tersebut dapat kita miliki apabila kita berani untuk menyampaikan apa yang kita rasakan dan pikirkan. Jangan pernah jadi followers yang selalu mengikuti apa kata orang lain dan tidak percaya diri. Kita diberi kebebasan berpendapat, cara pandang sendiri dan ada musyawarah serta mufakat yang menjadi solusinya.

Sekian penjelasan singkat mengenai 5 Hal Pentingnya Berani Speak Up menurut saya. Semoga bermanfaat dan menurut kamu manfaat berani speak up lainnya,  ada apa lagi sih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *