The Importance of Being Grateful

Hallo semua! Bersyukur? Apa yang kamu sadari dan pahami tentang bersyukur? Mengutip dari quotes yang ditulis oleh pak Billy di buku nya yang berjudul Young On Top yang mengatakan “Tidak ada hal besar yang bisa kita capai kalau kita belum mampu bersyukur atas hal-hal kecil yang terjadi di dalam hidup kita.” Ini membuat aku berpikir tentang rasa syukur dan betapa indah rasanya bersyukur dan menghargai, bahkan untuk hal-hal kecil yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Dan ternyata ada banyak penelitian yang menunjukkan banyaknya manfaat psikologis ketika kita bersyukur, termasuk merasa lebih bahagia dan menurunkan stress, depresi dan kecemasan, bahkan membuat kita merasa lebih baik. Tidak hanya itu, ada juga bukti ilmiah bahwa mengungkapkan rasa syukur yang tulus setiap hari dapat meningkatkan kesehatan fisik juga dengan meningkatkan kualitas tidur, kesehatan kardiovaskular (jantung) dan fungsi kekebalan tubuh.

Bersyukur juga membuat kita menjadi optimisme dan membantu kita untuk mengembangkan pandangan yang lebih positif. Ini memungkinkan kita berhenti sejenak untuk merenungkan dan melihat sesuatu yang sudah kita miliki dan capai dalam hidup kita sekarang.

Bersyukur akan menumbuhkan apresiasi yang tulus untuk setiap perjuangan yang sudah kita lakukan sampai detik ini. Bersyukur akan membuat kamu bisa menghargai diri kamu sendiri.

Jadi apa saja yang sudah kamu syukuri saat ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *