JANGAN BEGADANG!

“Begadang jangan begadang kalau tidak artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya” berikut merupakan cuplikan lirik lagu Begadang dari Rhoma Irama. Siapa sih yang tidak pernah begadang dihidupnya? Pasti semua pernah walaupun hanya satu kali dalam seumur hidipnya. Sebetulnya boleh tidak ya kita begadang? Mari kita bedah makna dari begadang tersebut.

 

Begadang dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah berjaga tidak tidur sampai larut malam. Sedangkan menurut dr. Devika melalui tulisannya di website alodokter menjelaskan bahwa ada umumnya tubuh manusia sudah disetting dengan jam biologis (ritme sirkadian) saat malam hari akan beristirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas. Kebiasaan begadang meskipun saat siang hari tetap tidur hingga 8 jam, dapat mengubah jam biologis anda. Apabila jam biologis berubah, akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula.

 

Dilihat dari artinya begadang seharusnya dihindari ya, tapi ternyata ada loh manfaat dari begadang. Melansir dari Bustle dan Little Things, berikut beberapa manfaat begadang yang harus kamu tahu.

  1. Menjadi lebih pintar
  2. Meningkatkan kemampuan untuk bekerja secara kreatif
  3. Meningkatkan kekuatan
  4. Tubuh lebih rileks di pagi hari
  5. Meningkatkan kewaspadaan

 

Nah itu merupakan manfaat dari begadang, tetapi ada juga beberapa efek negatif dari begadang, berikut efek negatifnya yang harus kamu tahu juga.

  1. Obesitas
  2. Stress dan depresi
  3. Menurunkan daya ingat
  4. Penuaan dini
  5. Mengantuk di siang hari

 

Kita bisa ketahui dari lirik lagu lirik lagu Begadang dari Rhoma Irama ternyata memang benar bahwa tidak selamanya begadang itu negatif tetapi sebaiknya demi kesehatan tubuh kita jangan terlalu sering ya, begadang kalau ada perlunya saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *