Pentingnya pemeringatan World Energy Day

Hallo YOTers!
Seberapa penting sih pemeringatan World Energy Day, khususnya di Indonesia?
Menurutku penting banget, karena tanpa energi mungkin kita tidak bisa beraktivitas setiap harinya. Apalagi manusia sangat membutuhkan energi untuk memenuhi segala macam kebutuhannya. Untuk beraktivitas kita memerlukan energi dari makanan dan minuman. Untuk berpergian kita memerlukan energi untuk bahan bakar alat transportasi, bahkan untuk melihat dalam gelap kita membutuhkan energi untuk membangkitkan listrik.

Tahukah YOTers, kapan diputuskannya World Energy Day?

World Energy Day diputuskan pada saat World Energy Forum dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2012. Keputusan tersebut berlangsung di Dubai yang dihadiri 170 menteri energi sedunia, beberapa kepala negara dan juga dihadiri PBB. Dengan adanya peringatan Hari Energi sedunia ini, para menteri energi di setiap negara diharapkan dapat terus untuk memaksimalkan energi apapun yang diandalkan di masing-masing negara.

Adanya peringatan World Energy Day bertujuan meningkatkan kesadaran global akan pentingnya energi terbarukan yang dapat membawa dampak positif bagi penggunaan dan pemanfaatan energi serta diharapkan dapat turut mendorong inovasi teknologi energi yang lebih baik lagi kedepannya.

Pemanfaatan Energi dalam Kehidupan Sehari hari
•Energi sebagai penerangan
Keberadaan listrik membuat dunia menjadi lebih terang. Saat mulai memasuki malam hari, umumnya akan dinyalakan lampu sebagai alat penerang. Lampu sendiri menyala berkat adanya aliran listrik yang diubah menjadi cahaya. Namun di siang hari sumber penerangan akan digantikan oleh matahari sebagai energi utama.

• Energi sebagai alat komunikasi
Salah satu manfaat energi listrik adalah mengolah data pada gadget. Misalnya pada komputer atau smartphone. Perangkat tersebut hanya bisa menyala jika dialiri arus listrik pada baterainya. Arus listrik ini nantinya akan diubah menjadi output yang dapat menampilkan tulisan, suara maupun gambar pada perangkat tersebut.

• Energi sebagai sarana transportasi
Keberadaan transportasi hampir tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk menempuh jarak dekat biasanya digunakan kendaraan bermotor sedang untuk jarak jauh biasanya digunakan kereta atau pesawat. Beragam transportasi tadi bisa bergerak dengan adanya energi dari bahan bakar yang berasal dari fosil.

• Energi sebagai fotosintesis
Energi matahari akan bermanfaat dalam membantu proses fotosintesis pada tumbuhan. Melalui fotosintesis nantinya akan dihasilkan oksigen yang akan dihirup oleh manusia. Selain itu dengan adanya fotosintesis, tumbuhan akan berkembang dan hasilnya dapat dikonsumsi manusia.
Selain itu, kita juga perlu menghemat energi dalam kehidupan sehari hari, seperti: Mematikan perangkat elektronik jika sudah digunakan, Mengganti lampu dengan yang hemat energi, Menggunakan air secukupnya, Membuat rumah dengan ventilasidan penerangan yang cukup, Jangan mengisi daya telepon semalaman, dan sebagainya.

Dengan menghemat energi, maka kita akan memperoleh keuntungan. Salah satu keuntungan yang bisa langsung kita rasakan saat itu juga adalah berkurangnya pengeluaran untuk membayar tagihan listrik ataupun pemakaian air. Keuntungan berikutnya yang bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang adalah untuk menjaga sumber daya alam yang jumlahnya saat ini sudah semakin sedikit dan menyisakannya untuk anak dan cucu kita kelak.

Pada pemeringatan hari energi 22 Oktober 2021, kita mengambil tema tentang pengelolahan minyak jelantah.
Minyak jelantah adalah minyak bekas pemakaian, bisa dalam kebutuhan rumah tangga, kebutuhan restoran dan lain lain. Minyak jelantah sering kali dianggap tidak sehat dan akhirnya tidak kita gunakan lagi. Di samping itu, minyak jelantah memang mangandung senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik, yaitu zat pemicu kanker. Senyawa karsinogenik terjadi selama proses penggorengan.

Namun, jika dibuang begitu saja, limbah minyak jelantah dapat mencemari lingkungan, terutama tanah yang dilaluinya.
Pencemaran tanah ini akan menyebabkan pori-pori tanah tertutup, lalu tanah menjadi keras sehingga tidak mampu lagi mendukung aktivitas manusia.

“Apa saja bahaya minyak jelantah jika dipakai untuk menggoreng?”
• Infeksi bakteri
• Meningkatkan resiko kanker
• Meningkatkan resiko penyakit degeneratif
• kelebihan berat badan (obesitas)

Cara menggoreng agar lebih sehat diantaranya gunakan minyak dalam satu kali pemakaian, Disaring terlebih dahulu sebelum dipakai menggoreng lagi, usahakan agar minyak goreng tidak terlalu panas, matikan api kalau sudah matang, dan simpan minyak goreng dengan benar.

Tips mengolah minyak jelantah untuk keperluan rumah tangga
1. Mengolah minyak jelantah menjadi Aromaterapi
2. Mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci
3. Mengolah minyak jelantah menjadi lilin atau lampu minyak
4. Daur ulang minyak jelantah menjadi cairan pembersih lantai
5. Mengolah minyak jelantah menjadi pakan unggas
6. Daur ulang minyak jelantah menjadi pupuk tambahan untuk tanaman

Cara membuat minyak jelantah menjadi Aromaterapi: Jernihkan minyak jelantah terlebih dahulu dengan cara merendamnya memakai ampas tebu selama dua hari. Setelah itu, ambil bubuk jeli serta tambahkan essence (aroma) kesukaan kalian, misalnya vanila atau kopi. Terakhir, olah dan cetak campuran bahan tersebut ke dalam berbagai bentuk serta tempatkan ke dalam wadah penyimpanan.

Energi itu terbatas, jangan karena YOTers sudah memilki banyak uang maka YOTers bisa dengan mudahnya menghamburkanya tanpa alasan yang jelas. Untuk itu mari gunakan energi seefisien dan seefektif mungkin, sebab melepas energi sama dengan menambah pemanasan global. Dengan menghemat energi maka YOTers tidak akan merusak bumi di masa depan.
” Satu energi yang terbuang sekarang sangat berarti buat hari esok ”

Nah dari penjelasan tersebut, YOTers sudah bisa tebak kan, kapan diputuskannya World Energy Day dan apa tujuan dari pemeringatan hari tersebut?
Yuk jawab di kolom komentar!
Sekian penjelasan mengenai Pentingnya pemeringatan World Energy Day. Semoga bermanfaat fan dapat menjawab rasa penasaran YOTers sekalian tentang Pentingnya pemeringatan World Energy Day ya. See you! – (yesy)

Sumber:
https://portaljember.pikiran-rakyat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *