“Mental Health” Menjadi Isu Utama bagi Kalangan Mahasiswa

YOTBalikpapan – Isu mengenai mental health menjadi topik perbincangan dunia, terlebih dari lingkup mahasiswa. Latar belakang terjadinya mental health ada beberapa penyebabnya, diantaranya adalah kurangnya istirahat akibat banyaknya tugas yang menumpuk, kurangnya manajemen waktu antara kuliah dengan organisasi, dan masalah finansial.

Tantangan Mahasiswa di Perkuliahan

Ada beberapa tantangan mahasiswa ketika memasuki dunia perkuliahan dan menjadi sebuah peringatan untuk mempersiapkan mental serta fisik ketika berkuliah. Adapun tantangan mahasiswa diperkuliahan adalah sebagai berikut:

Masa Kaderisasi Kampus

Saat kamu memasuki dunia perkuliahan, kamu bakal melewati masa orientasi maahasiswa atau masa kaderisasi. Mahasiswa baru dituntut untuk membentuk mentalnya ketika memasuki awal perkuliahan. Ada beberapa kampus yang ketika memasuki kaderisasi, mahasiswa baru tidak mampu mengikuti masa kaderisasi tersebut dan alhasil kurang cukup mental dan memutuskan untuk resign.

Akademik

Dalam lingkup perkuliahan, kamu tidak seperti berada di SMA. Kamu dituntut untuk melakukan pembelajaran mandiri dengan pemahaman yang kuat. Jika tidak, maka IPK kamu tidak sesuai yang kamu harapkan dan hasil nilai ini banyak membuat frustasi mahasiswa.

Organisasi

Softskill sangat penting ketika kamu memasuki perkuliahan. Karena diperkuliahan tidak hanya hardskill atau fokus akademik saja melainkan kamu dituntut untuk memiliki softskill. Alasannya yaitu karena kamu sebagai calon pemimpin dan mampu memecahkan permasalah yang ada di masyarakat. Terdapat beberapa mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi dikarenakan tidak mampu memanajemen waktu antara perkuliahan dengan organisasi, bahkan ada diantaranya yang tidak berminat sekali terhadap organisasi.

Financial

Keuangan menjadi topik paling tinggi dalam kesehatan mental mahasiswa karena kamu harus memikirkan gimana caranya membayar UKT dan mendapatkan beasiswa, tujuannya adalah untuk meringankan beban orang tua. Beberapa mahasiswa banyak yang mengalami stress tingkat tinggi karena permasalahan financial ketika berada di semester tengah sampai akhir.

Untuk kamu yang mau berkuliah? Yuks alangkah baiknya untuk mempersiapkan mental demi kesehatan mentalmu yang lebih baik!

#YOTBalikpapan
#YOTERS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *