Mengenal Lebih Dekat YOT Palembang

Young On Top (YOT) adalah sebuah komunitas yang berfokus pada pengembangan potensi generasi muda Indonesia baik secara skill, knowledge, dan attitude dengan motto “learn & share”. Komunitas Young On Top ini sudah tersebar ke 24 kota yang ada di Indonesia, salah-satunya adalah di kota Palembang. YOT Palembang didirikan sejak 1 Desember 2017.

YOT Palembang memiliki 3 Divisi yakni Divisi Program yang terdiri dari Catalyst (Pendidikan), Energy (Kesehatan), Entrepreneur (Kewirausahaan), Green (Lingkungan), dan Social (Sosial); Divisi Marcomm yang terdiri dari Graphic Designer, Public Relation, dan Creative and Social Media; serta Divisi PGA. Dimana seluruh kegiatannya didasari oleh 5 pilar yaitu, Catalyst (Pendidikan), Energy (Kesehatan), Entrepreneur (Kewirausahaan), Green (Lingkungan), dan Social (Sosial). Setiap pilar ini memiliki program-program kerja yang sangat menarik dan tentunya bermanfaat. Catalyst adalah subdivisi program yang fokus terhadap permasalahan pendidikan dan isu sosial, Energy fokus terhadap permasalahan kesehatan serta menumbuhkan pola hidup, Entreprenur fokus terhadap kegiatan kewirausahaan, Green fokus terhadap permasalahan lingkungan, dan Social fokus terhadap permasalahan sosial.

Saat ini jumlah pengurus Young On Top Palembang adalah sebanyak 52 orang, termasuk 12 pengurus inti yang terdiri atas President yaitu Cindy Dwi Andini Putri, Fadillia Nouvanti selaku Vice President, Innayah Wulandari selaku Secretary ditemani Jihan Hanifah Aguska selaku Vice Secretary, Rizki Rahma Fadilah selaku Treasury ditemani Dwi Asih Setyaningrum selaku Vice Treasury, selanjutnya Tasya Aliyah selaku Program Director ditemani Dwi Kurnia Oktora Putri selaku Vice Program, Ayub Firmansyah selaku Marcomm Director ditemani Hera Ratnaningrum selaku Vice Marcomm, dan yang terakhir ada Sherly Amerta Agustina selaku PGA Director ditemani Iin Putri Pajrin selaku Vice PGA.

Setiap tahunnya, komunitas Young On Top memiliki program kerja yang terdiri atas kegiatan eksternal dan internal. Pada tahun 2021, kegiatan eksternal yang telah dilaksanakan adalah JnT Entrepreneur, YOT Share Ramadhan, TikTok Challenge, Kuis Ramadhan Berkah, Webinar Virtual Internship, Kunjungan ke Lapas Perempuan kelas IIA Palembang, Mental Health Talk #1 dengan tema “Self Seeking: Ketika Diriku Sedang Tidak Baik-Baik Saja” dan Mental Health Talk #2 dengan tema “Sosial Media Fasting, What Is It and Should You Do It?”. Dan Kegiatan Internal yang telah dilaksanakan adalah terdiri dari Made With Stories, Satu jam lebih dekat, Smartphone Photography, Cross sharing divisi Marcomm, YOT SportCreative Room Series #1 dengan tema “Creativity Is For Everyone“, Creative Room Series #2 dengan tema “Basic Partnership We Should Know”, YOT Games yang bertema “Vaksin, Penting ga sih?” dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mempererat hubungan kekeluargaan antar member YOT Palembang.

Selain kegiatan eksternal dan internal, Young On Top juga memiliki program tahunan yang dilaksanakan serentak dengan YOT Kota lainnya yaitu Love Donation, YOT Share Ramadhan, YOT Share Galungan, YOT Share Natal, Annual Gathering, Sharing Session Leaders, dan Bookclub. Akan tetapi, semenjak pandemi Covid-19 kegiatan Connext Confference ditiadakan untuk sementara.

Wah, keren dan menarik sekali ya YOT Palembang beserta progam-program kerjanya. Program kerja tersebut dibuat untuk memberi wawasan serta pengalaman kepada banyak orang serta bermanfaat dalam meningkatkan kualitas diri generasi muda di Indonesia. Masa muda itu sekali, jangan menua tanpa arti. Tetap semangat untuk meraih mimpi karena kesuksesan akan menanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *