Cara Mengendalikan Emosi Berlebih

Emosi yang berlebih menandakan kamu mempunyai mental yang sedang tidak stabil. Untuk itu YOT Lombok akan membagikan tips nih buat para YOTers, bagaimana cara mengendalikan emosi yang berlebih. Berikut tipsnya!

 

1. Berhitung

Cara menahan emosi yang pertama adalah dengan berhitung. Sebelum marah, berhitunglah dari 1 hingga 10. Apabila kamu sangat marah, berhitunglah hingga 100. Pada saat kamu berhitung, denyut nadimu akan turun dan kemarahanmu akan lebih mungkin untuk reda.

2. Tarik Napas yang Dalam dan Lambat

Ketika kamu marah, napasmu akan lebih pendek-pendek dan cepat. Tarik napaslah yang dalam dan lambat dari hidung dan keluarkan dari mulut untuk beberapa saat. Dengan menarik napas dalam dan lambat, semoga kemarahanmu dapat mereda ya.

3. Berolahraga

Mengendalikan emosi juga dapat dibantu dengan berolahraga guys. Seperti berjalan kaki, mengendarai sepeda, atau berlari. Lakukanlah hal yang dapat mengalihkan pikiran dan membuat tubuhmu menjadi lebih baik.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat menjadi salah satu cara mengendalikan emosi. Dengarkan musik yang membuat kamu tenang. Gunakan earphone atau pergi ke suatu tempat yang tenang, putarkan lagu kesukaanmu, dan dengarkan. Biarkan musik membawa pergi emosimu dan membuatmu menjadi lebih tenang.

5. Jangan Bicara

Kadang, tidak bicara dapat menjadi cara mengontrol emosi yang efektif. Bila kamu ingin marah, tahanlah dan berhenti berbicara. Tutup mulutmu dan jangan bicarakan satu buah kata keluar dari mulutmu. Waktu kamu diam ini akan membuatmu berpikir kembali untuk marah dan cara ini membantu meredakan marah.

6. Tenangkan diri

Berilah dirimu waktu untuk menyendiri menjauhi orang lain dan pergi ke suatu tempat. Dengan menyendiri, kamu dapat memikirkan segala sesuatunya dengan lebih jernih, Jadi duduklah dan tarik napas sejenak, lalu cari solusi untuk menyelesaikan masalah yang membuatmu marah.

7. Konseling

Terkadang, kamu memerlukan perspektif orang lain sebelum mengambil suatu tindakan atau untuk lebih memahami diri sendiri. Kamu dapat melakukan konseling dengan terapis, psikolog, atau psikiater agar kemarahanmu yang berlebih dapat teratasi.

 

Nah, sudah tahu kan beberapa cara mengendalikan emosi, jadi jangan mudah emosi yaa YOTers, yuk diterapkan.

Semoga bermanfaat ya YOTers!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *