Mencoba Membuat NFT

Jika kalian orang yang gemar mengikuti perkembangan crypto atau kalian gemar update terkait design atau karya multimedia lainnya mungkin akhir-akhir ini sering dengar dengan istilah NFT atau Non-Fungible Token sebuah teknologi crypto semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki aset digital sperti foto, video atau bentuk virtual lainnya dan aset ini di catat dalam blockchain sehingga tidak bisa diduplikasi. Karena hal ini makanya akhir-akhir ini banyak banget karya-karya digital yang dijual as NFT dan lakunya gila-gilaan sampai triliunan rupiah bahkan kicauan pertama CEO Twitter Jack Dorsey laku sampai 35 miliar Rupiah.

Tentu saja ini menjadi sebuah koleksi baru dalam bentuk virtual, dan token-token crypto yang lainnya juga tahun ini naik pesat seperti token-token game, sport dan lainnya. Awalnya aku hanya ingin membeli token atau coin yang berhubungan dengan NFT tapi karena makin greget akhirnya aku coba untuk mengupload gambar yang aku modif dari logo web ini dan aku upload disalah satu marketplace NFT. Di luar sana ada market khusus NFT yang terkenal dan sering dipakai tapi karena aku sekalian mendukung projek Indonesia yaitu Tokocrypto akhirnya aku mengupload nya di Mall Tokospace jadi tercatat di jaringan blockchain Binance Smart Chain.

Inilah hasil NFT yang aku upload dengan judul black CAT

Gambar itu aku upload dan jadikan NFT awalnya aku hanya mau upload satu saja biar langka. Tapi karena pertama kali aku menguploadnya ternyata ada opsi untuk memberikan seris dan mengisinya sebanyak 21 artinya gambar tersebut ada 21 seris. BTW aku patok harga 2jt untuk gambar itu, apakah akan laku? tujuanku adalah untuk merasakan bagaimana pengalaman membuat NFT jadi gak mikirin laku atau tidak kalau laku ya syukur.

Untuk caranya seperti apa yang jelas kita harus punya wallet crypto dan coin jaringannya misalnnya aku upload di jaringan BSC artinya aku harus pakai BNB (Binance Coin) untuk gas fee nya dan kalau cara uploadnya sebenarnya mudah seperti mengupload pada social media biasa, tapi kalau butuh gambaran seperti apa teman-teman bisa membaca guide nya di marketplace masing-masing contohnya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *