Hal Yang Kalian Underestimate Tapi Sangat Berpengaruh!

Hai, terkadang ada hal yang kita itu underestimate dengan dampak yang di berikan ketika kita bisa gunain skillsnya.  Dan hal ini bener-bener berpengaruh di dalam hidup kamu, apa aja? coba nih!

  • Belajar cara untuk belajar

salah satu skills yang orang-orang masih belum sadar, pentingnya skill ini di hidup kita. Kalau kamu perhatikan, ternyata begitu banyak hal didunia ini yang bisa kita pelajari, artinya, kita akan ikuti tuh, cara-cara khusus untuk mempelajari hal tersebut. Layaknya sebuah game, kita bisa upgrade kemampuan kita, ketika kita tahu, apa aja jenis usaha, waktu dan fokus kita untuk mempelajari skills baru. Skills ini memiliki impact yang besar untuk jangka panjang, 

 

kalau kamu dirumah udah tahu gmana caranya belajar, satu-satunya hal yg tersisa adalah mengalokasikan waktu kamu dan sumber daya kamu, untuk mengembangkan apa yang bisa buat hidup kamu lebih baik.

  • Kemampuan Untuk Beradaptasi, Improvisasi dan Mengatasi Kendala

Skills ini akan buat kamu bisa terus maju dan bertahan, dari segala masalah, yang kamu hadapi. Jalan hidup setiap orang itu beda-beda, sangat complex untuk bisa di sama ratakan, tapi dedikasi kita untuk terus maju yang buat kita bisa dapat kesuksesan. 

 

Masa-masa yang berat ada dihadapan kamu, orang-orang juga akan mengecewakanmu, rencana kamu kadang ga akan berjalan dengan lancar, dan terkadang kamu akan menghadapi titik terendah dalam hidup kamu, atau kamu sedang di titik itu. 

 

Ubah sikap kamu, cari jalan alternatif lain, kreatif, dan atasi kendala yg kamu terima.

 

“Kalau hidup terasa semakin keras, artinya kamu sudah masuk di level selanjutnya”

  • Kemampuan Untuk Mengungkapkan Pikiran dan Perasaan

kamu pasti pernah ikut merasakan, perasaan yang dibuat dalam rangkaian kata, puisi atau sajak-sajak dari sosok tokoh yang terkenal. 

 

Ini juga jadi masalah besar dalam sebuah hubungan, salah satu partners ga tahu cara untuk menyampaikan apa yg salah, alih-alih malah memendamnya sampai pada titik kehancuran sebuah hubungan. Ini bukan cuman tentang sebuah hubungan percintaan, tapi berlaku dalam hubungan pertemanan, pekerjaan, dan lingkungan tempat kamu tinggal. 

 

Orang-orang terkadang terlalu takut buat speak up ketika ada yang salah terjadi di hidup mereka. Itulah yang buat kamu berakhir di rutinitas yang itu-itu aja yang buat kamu jalan ditempat dan tak ada peningkatan. Dan tanpa skills ini kamu hanya buang-buang waktu kamu.

  • Kemampuan untuk menjual dan negosiasi
    Semua yang kamu lakuin adalah proses penjualan dan proses bernegosiasi. Kalau kamu pengen punya pacar, kamu harus bisa ngejual ide ke doi  kalau kamu adalah orang yang tepat untuk jadi teman hidupnya. 

 

YOTers ingin pekerjaan? Kamu harus bisa ngejual kemampuan kamu dari semua kandidat peserta yang mendaftar. Bahkan untuk kamu sendiri, kamu harus bisa ngejual pandangan kamu terhadap diri kamu sendiri, kalau kamu bisa jadi yang terbaik dari yang kamu lakukan hari ini.  

 

“Selling is not synonym for lying, Selling is rational process”

Hidup kita ga akan lepas dari negosiasi dengan orang lain, dengan diri kita sendiri dan bahkan dengan waktu yang ada. Kamu pernah buat keputusan untuk resign? Jual beli barang? Atau speak up atas masalah kamu? 

Artinya kamu sedang bernegosiasi dengan waktu

kamu sedang bernegosiasi dengan usaha dan kepuasan di bawah payungnya waktu.

“Dengan melakukan hal yang tidak diinginkan orang lain, kamu sedang bernegosiasi dengan masa yang akan datang dimana kamu bisa menikmati kehidupan yang orang lain belum tentu bisa”

Tau waktunya Diam, Mendengarkan dan Belajar dari Teman Bicaramu!

Nah, tau ga banyak diluar sana orang-orang yang ga tau kapan waktunya diam? 

Kalau hanya kamu yang berbicara, kamu tuh ga akan berkembang, karena kamu kamu cuman sampaikan apa yang kamu tahu. Cara terbaik untuk berkembang adalah mendengarkan, maksudnya adalah “benar-benar mendengarkan” apa yang disampaikan. Karena akan beda katika kamu cuman denger tapi ga memahami apa yang mereka sampaikan. 

 

Ketika kamu benar-benar mendengarkan, kamu pasti buat perhatian yang lebih, dan kamu juga buat skenario di pikiran kamu tentang apa yang sedang kamu dengarkan. 

Selalu lah asumsikan teman bicara kamu memiliki sesuatu yang ga kamu ketahui. 

 

Kamu jangan sampai dibutakan oleh kesombongan ya, dengan merasa memiliki banyak pengetahuan. Lebih penting untuk berkembang dari pada kasih kesan kamu tahu segalanya. 

Itu yang membedakan kamu dari orang tahu dan yang hanya berpura-pura.

  • Kemampuan Untuk Memotivasi Diri

Akan ada saatnya kamu ngerasa malas dan tidak percaya diri, akan pasti ada saatnya kamu ngerasa ga bisa kasih yang terbaik dan akan ada saatnya kamu ngerasa apa yang kamu lakuin itu ga hasilin apa-apa.

Hari-hari itu akan berbeda ketika kamu buat keputusan untuk ngejalaninnya, ketika kamu buat alasan untuk kegagalan yang kamu rasakan.

 

Gimana cara kamu mewujudkannya? 

Gimana cara kamu meyakinkan tubuh dan pikiran kamu untuk ngelakuin hal yang kamu tahu itu baik? 

 

Terlepas dari alternatif yang kamu buat, level dari memotivasi diri sendiri bisa merujuk pada

  1. Level kepercayaan diri kamu
  2. Pandangan positif pada hasil akhir
  3. Kualitas dari tujuan kamu
  4. Dan Lingkungan yang kamu ciptakan

  • Disiplin

Dari kemampuan yang dijelaskan sebelumnya, kita akhirnya masuk ke bagian disiplin.

“Sukses itu adalah gabungan dari hal kecil yang dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama”

 

Ga penting seberapa kecil langkah yang kamu ambil tiap harinya, kalau terus disiplin melangkah, pasti bakal sampai ke ke tujuan. Kasih waktu yang cukup dan kamu akan sampai ke tujuan kamu!

Kadang kita ga mau ambil langkah yang panjang karena mudah terganggu oleh objek yang silau, mengabaikan kesempatan-kesempatan yang ada dan fokus dengan objek silau itu, yang ga kita ketahui adalah, akan ada banyak objek2 silau lainnya yang buat kita semakin jauh dari membuat progress.

Kamu harus percaya setiap orang pasti bisa mendapatkan sebuah perubahan dramatis di hidupnya hanya dengan sebuah kedisiplinan. 

 

So semoga kamu bisa gunain skills yang diatas ya buat pengembangan diri kamu kedepan.

So stay health and see you on top!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *