DIARY?!

Kita semua pasti sudah tidak asing dengan yang namanya jurnal, atau yang biasa sering kita dengar dengan sebutan Diary. Nah, katanya dengan membuat jurnal atau diary bisa membantu melegakan pikiran kita, emang bener ya?

Menuangkan peristiwa sehari-hari dalam jurnal harian atau diary mungkin terdengar begitu sepele dan lawas bagi sebagian orang, apalagi dengan keadaan yang sudah mulai disibukkan dengan pekerjaan ataupun perkuliahan hingga kehidupan pribadi. Tetapi ternyata dengan cara ini bisa membantu kita untuk melegakan pikiran bahkan hingga mengembangkan diri kita secara fisik, psikologis dan emosional lho! Berikut beberapa manfaat dari membuat ataupun menulis jurnal harian atau diary!

Sebagai Tempat yang Nyaman dan Aman
Biasanya jika ada yang mengganggu pikiran kita, setidaknya kita berusaha untuk mencari teman untuk menceritakan apa yang ada di dalam isi pikiran kita. Tapi ada kalanya untuk beberapa kasus, kita tidak bisa menceritakan semuanya kepada teman atau kerabat kita. Entah karena merasa malu maupun privasi yang mungkin tidak bisa diterima oleh orang lain. Nah, dari pada bingung dan pikiran juga makin penuh, kalian bisa coba nih untuk menuangkan isi pikiran kalian kedalam jurnal atau diary kalian karena bisa sebebasnya untuk menuangkan dan mengekspresikan apa yang kalian rasakan tanpa ada rasa takut ataupun malu.

Mengenal Diri Sendiri
Lho, emangnya belum kenal sama diri sendiri? Maksudnya begini, terkadang kita masih suka lupa dan menolak siapa diri kita. Dengan membiasakan diri secara sadar menuangkan kegiatan sehari-hari dalam jurnal atau diary, bisa membantu kita untuk merefleksikan diri bagaimana kita dalam keseharian. Dari sinilah kita dapat melihat bagaimana pola prilaku kita sehari hari, yang mungkin bisa saja menjadi penghambat pertumbuhan pribadi kita baik secara personal, sosial, maupun profesional.

Mengasah Kreativitas
Selain membantu kita dalam merileksasikan diri, menulis jurnal atau diary juga bisa menjadi media untuk kita mengasah kreativitas. Lho, kan kita cuman menulis doang, kenapa bisa sampai mengasah kreativitas kita? Nah, jurnal atau diary merupakan media yang ranahnya personal, karena kita berdialog dengan diri kita sendiri saat membuatnya. Sehingga kita bisa sebebas itu untuk mengekspresikan apa yang sedang kalian rasakan, yang ingin kalian tuangkan yang mungkin saja tidak bisa disampaikan lewat kata-kata.

Nah, ternyata dengan menuangkan apa yang kita rasakan, apa yang ada di dalam pikiran kita, tidak hanya bisa membantu kita untuk lebih rileks, tapi juga lebih terbuka dengan diri sendiri, sehingga kita bisa mengembangkan pribadi kita baik secara personal, sosial, maupun profesional untuk masa depan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *