Press Release: Mental Health Talk #2. Talkshow Social Media Fasting : What Is It and Should You Do It?

Palembang, 19 September 2021. Bersamaan dengan perkembangan zaman kehadiran media sosial dapat memudahkan manusia berkomunikasi satu sama lain tanpa dibatasi ruang dan waktu. Media sosial memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Seseorang yang asalnya “kecil” bisa seketika menjadi besar dengan memanfaatkan media sosial, begitupun sebaliknya orang “besar” dalam sedetik bisa menjadi “kecil”. Meskipun begitu media sosial benar-benar berhasil merampas hidup kita jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Mungkin, kita tidak sadar betapa terikatnya kita dengan media sosial.

Dengan demikian, penggunaan media sosial dapat mengancam kesehatan mental seseorang. Dilansir dari laman All Psychology Schools, dampak negatif media sosial terhadap kesehatan mental adalah meningkatnya rasa tidak percaya diri pengguna bahkan membuatnya sering membandingkan diri sendiri dengan pengguna lainnya. Kebanyakan dari mereka merasa iri melihat kehidupan ideal pengguna lain. Kebanyakan dari mereka merasa iri dengan pengguna lain karena dirasa lebih baik, sukses, dan bahagia. Ada faktor-faktor yang membuat individu berisiko mengalami penyakit mental, yaitu faktor lingkungan, genetik, dan sosial. Penyakit mental bisa disebabkan oleh kombinasi dari ragam faktor ini. Jika ada faktor penyebab maka selalu ada solusi. Untuk upaya yang dapat dilakukan menurut halodoc.com yaitu menjaga hubungan yang baik dengan orang lain, menjaga kecukupan istirahat yang baik serta istirahat dari media sosial, dan mencari bantuan profesional jika diperlukan.

Young On Top Palembang sangat memperhatikan pentingnya kesehatan mental masyarakat Indonesia terutama masyarakat di kota Palembang. Oleh karena itu, YOT Palembang mengadakan Talkshow dengan tema Social Media Fasting: What Is It and Should You Do It? dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia tentang pengaruh media sosial terhadap kesehatan mental yang belum banyak masyarakat tahu bahwa selain sehat jasmani dan rohani, kesehatan mental itu sangat penting. Karena, sehat secara mental berarti seseorang sudah memiliki kemampuan untuk mengelola dirinya dalam berbagai hal.

Dengan mengundang narasumber yang ahli dibidangnya, Diny Amenike, M.Psi. yang saat ini aktif sebagai psikolog di Klinik Pratama Medika Andalas dan Meisya Sallwa seorang influencer yang juga berprofesi sebagai news anchor di iNews TV. Narasumber menjelaskan bagaimana pentingnya menjaga kesehatan mental melalui filterisasi secara bijak dalam menggunakan media sosial. Diny Amenika menjelaskan bahwa “Ketika kita menggunakan media sosial kita harus memiliki tujuan. Harus memiliki jiwa yang tak mau rugi agar kita mau membuka hal yang berbau pengetahuan. Manusia itu seperti komputer output, input, relevan”.  Meisya Sallwa juga mengatakan bahwa “Apa yang kita keluarkan, itu yang akan kita dapatkan. Seseorang yang candu dalam menggunakan media sosial sama seperti kecanduan narkoba. Maka untuk menghindari itu selalu batasi penggunaan media sosial yang berlebihan. Ketika kita merasa iri saat melihat kebahagiaan orang lain di media sosial. Maka kita harus melakukan social media fasting atau istirahat sejenak dari media sosial, untuk jangka waktunya ialah sampai kita bisa menerima diri sendiri dan kebahagiaan orang lain”.

Talkshow ini diadakan secara daring dan dihadiri oleh peserta dari berbagai kota di Indonesia. Telkomsel By.U sebagai sponsorship utama memberikan penjelasan dan juga memberikan simcard bagi para peserta yang terpilih menjadi pemenang Instagram challenge yang diadakan YOT Palembang sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme peserta selama talkshow berlangsung.

Talkshow ini diadakan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat luas mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental dalam menggunakan media sosial. YOT Palembang berharap agar para peserta yang telah mengikuti talkshow ini dapat menerapkan ilmu yan didapatkan ke kehidupan sehari-hari. Karena ketenangan hati itu perlu dan kesehatan mental itu nomor satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *