Banjarmasin Punya Cerita

Saat mendengar Kalimantan pada umumnya maka di pucuk pikiran kita identik dengan hutan. Tak salah jika kebanyakan orang berpikir demikian sebab sebagai salah satu paru-paru dunia yang memiliki luas sekitar 40,8 juta hektar Kalimantan memang juara urusan hutan, tapi Kalimantan bukan hanya hutan. Ada Mall, Sungai yang sangat besar, bahkan jembatan megah. Banjarmasin salah satu daerah yang mempunyai sungai besar tersebut.

Banjarmasin dilalui oleh beberapa sungai besar seperti Sungai Barito dan Sungai Martapura. Selain itu dikelilingi banyak sungai kecil yang membuat kota ini dijuluki sebagai kota seribu sungai. Tak banyak kota di Indonesia yang memiliki kelebihan dengan dianugerahi kekayaan baik di daratan maupun perairan. Tak heran dikarenakan kontur daerah yang di dominasi oleh perairan maka bisa dibilang salah satu transportasi utama di Banjarmasin adalah Sampan/Jukung.

Dua entitas yang tak dapat dipisahkan antara masyarakat Banjarmasin dan sungai-sungai yang ada. Sungai menjadi wadah mengadu nasib, beraktivitas dan juga sarana hiburan tersendiri. Salah satunya dengan adanya Pasar Terapung yang menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Perasaan melakukan transaksi jual beli di atas sampan diiringi ombak-ombak kecil, sungguh sebuah perasaan yang tidak akan ditemukan di kawasan perkotaan dan hanya ada di Banjarmasin. Akhir kata, setiap daerah memang punya ciri khas atau keunggulan masing-masing. Layaknya Romeo dan Juliet, Banjarmasin dan identitas sungai tak akan pernah lekang oleh waktu sampai kapanpun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *